press enter to search

Sabtu, 21/09/2019 11:51 WIB

4 Pemanis Alami yang Vegan Friendly

Dahlia | Minggu, 25/08/2019 21:32 WIB
4 Pemanis Alami yang Vegan Friendly Foto: istimewa
Diet vegan tidak hanya menghindari konsumsi semua produk hewani saja, tapi juga memprioritaskan konsumsi makanan sehat. Misalnya, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
 
 
Penggunaan gula sebagai pemanis juga sangat dibatasi, terutama jenis gula refinasi. Selain dianggap kurang sehat, beberapa proses pengolahan gula refinasi menggunakan arang dari tulang binatang untuk menciptakan warna putihnya. Tak heran, cukup sulit untuk menemukan varian gula yang vegan-friendly.
 
 
Kendati demikian, tenang saja, masih ada beberapa pemanis alami yang bisa menjadi alternatif pengganti gula, kok. Dan tentunya, sederet bahan alami ini ramah untuk dikonsumsi para vegan.
 
 
Apa saja? Berikut ulasannya:
 
 
1. Sirup kurma
 
 
com-buah kurma. Foto: Shutterstock
Salah satu pemanis alami terbaik yang bisa dikonsumsi vegan adalah sirup kurma. Proses pembuatannya pun sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.
 
 
Kita hanya perlu menggiling daging kurma tanpa biji sambil mencampurnya dengan air hangat. Tak hanya menciptakan rasa manis nan nikmat, kurma juga mengandung serat dan berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium.
 
 
2. Sirup maple
 
 
Sirup maple dan blueberry sebagai topping pancake. Foto: Thinkstockphotos
Pemanis alami yang satu ini terbuat dari getah pohon maple, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh vegan. Bisa dibilang, sirup maple lebih menyehatkan ketimbang gula rafinasi karena mengandung antioksidan dan mineral.
 
 
Bukan itu saja, sirup maple juga kaya akan mangan dan mengandung kalium, kalsium, zinc, serta zat besi. Komplit, ya?
 
 
3. Gula kelapa
 
 
Ilustrasi kelapa Foto: Shutterstock
Melansir Food NDTV, gula kelapa atau coconut sugar mengandung indeks glikemik yang lebih rendah ketimbang gula pada umumnya. Gula kelapa bisa jadi pilihan alternatif yang bagus sebagai pengganti gula refinasi.
 
 
Jenis gula ini dibuat dari getah bunga kelapa yang dipanaskan hingga seluruh cairannya menguap. Gula kelapa juga mengandung beberapa nutrisi, mulai dari kalium, kalsium, zinc, dan besi.
 
 
4. Sirup beras merah
 
 
Ilustrasi beras merah Foto: Unsplash
Jenis pemanis alami ini terbuat dari beras merah. Rasa manisnya berasal dari kandungan pati yang dipecah, sehingga menghasilkan gula yang mudah dicerna. Sirup beras merah dianggap lebih baik dibandingkan gula pada umumnya karena tidak mengandung fruktosa.
 
 
Sebelum memilih gula vegan mana yang akan kita konsumsi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke nutrisionis atau ahli gizi tersertifikasi. Dengan demikian, kita bisa menentukan mana pemanis yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh.(lia/sumber:kumparan)
Keyword

Artikel Terkait :

-