press enter to search

Rabu, 17/04/2024 02:01 WIB

Gali Sawah Dapat Harta Karun, Pasutri Jadi Miliarder Dadakan

Redaksi | Jum'at, 30/08/2019 15:37 WIB
Gali Sawah Dapat Harta Karun, Pasutri Jadi Miliarder Dadakan Gali Harta Karun di Sawah, Pasutri Ini Jadi Miliarder Dadakan. (FOTO: Kr-Asia)

Aksi.id - Pasangan suami istri di Inggris, Adam Staples dan Lisa Grace mendadak menjadi miliader usai menemukan harta karun di sawah.

Keduanya memang sengaja mendeteksi area persawahan di daerah timur laut Somerset yang belum dijamah oleh detektor logam. Mereka berharap menemukan sesuatu yang berharga dan bisa diuangkan. Alhasil, mereka benar menemukan tumpukan koin besar sejak abad ke-11.

Melansir dari Ancient Origins (30/8/2019), koin itu merupakan hasil dari Pertempuran Hastings yang terkenal di Eropa.

Usai pembongkaran tersebut, mereka menemukan kurang lebih 2.571 koin perak yang terdiri dari uang King Harold II, koin Inggris Anglo-Saxon dan William the Conqueror.

Secara rinci, koin William I ditaksir bernilai Rp25 juta, koin Harold II seharga Rp71 juta. Jika dihitung, kira-kira koin usang itu bernilai 3 hingga 5 juta poundsterling atau sekitar Rp87 miliar.

Diperkirakan, koin-koin itu dikuburkan dan diamankan di antara tahun 1066 dan 1070-an. Kemungkinan juga, koin itu adalah milik bangsawan Inggris yang nahas terbunuh sebelum sempat menggunakan uang yang dia simpan.

Sementara, pasangan detektor ini sudah memberi tahu pihak berwajib dan uang kuno tersebut sudah diamankan di British Museum. Menurut UNILAD, jika penemuan itu dinyatakan sebagai harta karun, maka museum harus memberi kompensasi pada pasangan dan pemilik tanah, dengan nilai 50 persen.

Namun, jika penemuan itu bukan harta karun, pasangan ini bisa membawanya pulang dan menjualnya secara pribadi.

(ny/Sumber: Viva.co.id)