press enter to search

Kamis, 17/10/2019 17:07 WIB

Vas Kaisar Cina Dibeli Rp17 Ribu Dijual Lagi Rp1,4 Miliar

Redaksi | Senin, 02/09/2019 22:53 WIB
Vas Kaisar Cina Dibeli Rp17 Ribu Dijual Lagi Rp1,4  Miliar Vas Kaisar Cina Terjual Rp 1,4 Miliar dari Harga Beli Rp 17 Ribu. Kredit: Sworders/BNPS

Jakarta (aksi.id) - Sebuah vas yang dibeli hanya seharga 1 pound sterling (Rp 17.300) dari toko amal bisa terjual 80.000 kali lipat nilainya (Rp 1,4 miliar) akhir tahun ini setelah para ahli menemukan bahwa vas itu dibuat untuk seorang kaisar Cina.

Laman Metro, akhir pekan lalu menyebutkan, ketika pemilik mendaftarkannya untuk dijual di e-commerce eBay, dia dibanjiri pesan dan tawaran sehingga memutuskan untuk membuatnya dihargai secara profesional.

Para ahli Sworders Fine Art Auctioneers di Stansted Mountfitchet, Essex, menemukan bahwa itu dibuat untuk Kaisar Qianlong yang berkuasa dari 1735 hingga 1796. Temuan menakjubkan ditandai dengan simbol yang berarti itu ditakdirkan untuk salah satu istana kaisar.

Vas itu berwarna kuning, warna yang disediakan untuk kaisar. Juga memiliki dua tanda segel merah-besi yang bertuliskan Qianlong chen han atau tanda Kaisar Qianlong sendiri. Yexue Li, kepala departemen seni Asia di Sworders, mengatakan pembeli yang tidak disebutkan namanya itu terkejut ketika dia diberitahu tentang asal-usul vas itu.

"Penjual pria itu ada di toko amal dan memilih vas karena dia suka tampilan itu," kata Yexue Li. "Dia tidak menyadari signifikansinya sehingga dia meletakkannya di eBay dengan harga awal yang sangat rendah untuk memulai dan ada banyak minat."

Yexue Li menambahkan bahwa pria itu memutuskan untuk mengambil vas dari eBay dan membelinya untuk dilihat. Dia terkejut dan sangat bersemangat ketika kami menjelaskan pentingnya hal itu. Penjualan berlangsung pada 8 November 2019.

"Vas itu istimewa karena dilengkapi dengan prasasti oleh Kaisar Cina Qianlong, dan dia pasti menugaskan vas ini. Ini vas berkualitas tinggi karena diperintahkan pengadilan, jadi itu akan bernilai tinggi saat dibuat. Ini sangat menarik, dan kami sudah memiliki banyak minat," kata Yexue Li.  (ny/Sumber: Tempo.co)

Keyword Vas Kaisar Cina