press enter to search

Minggu, 08/12/2019 07:52 WIB

OTT: KPK Tetapkan Direktur Utama dan Direktur Pemasaran PTPN III Tersangka Perkara Korupsi

| Rabu, 04/09/2019 06:04 WIB
OTT: KPK Tetapkan Direktur Utama dan Direktur Pemasaran PTPN III Tersangka Perkara Korupsi

JAKARTA (aksi.id) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua direksi BUMN terkait kasus rasuah.

Kedua orang itu adalah Direktur Utama PTPN III (Persero), Dolly Pulungan, dan; Direktur Pemasaran PTPN III (Persero) sekaligus merangkap Komisaris Utama PT KPBN, I Kadek Kertha Laksana.

“KPK meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan dan menetapkan tiga orang sebagai tersangka, yaitu sebagai pemberi adalah PNO (Pieko Nyotosetiadi), pemilik PT Fajar Mulia Transindo, dan;
sebagai penerima adalah DPU (Dolly Pulungan) dan IKL (I Kadek Kertha Laksana),” ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, di Jakarta, Selasa (3/9/2019) malam.

Penetapan status tersangka terhadap dua pejabat direksi BUMN dan satu pihak swasta itu menindaklanjuti operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK di Jakarta, hari ini. Dalam operasi tersebut, tim antirasuah mengamankan lima orang.

Kelima orang itu adalah pengelola bisnis penukaran mata uang alias money changer di Jakarta, Freddy Tandou (FT); orang kepercayaan Pieko bernama Ramlin (RM); pegawai Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN), Corry Luca (CLU); I Kadek Kertha Laksana, dan; Direktur Utama PT KPBN, Edward S Ginting (EG).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan, operasi yang dilakukan tim KPK kali ini terkait dengan distribusi gula. “OTT dilakukan di Jakarta terkait dengan distribusi gula yang menjadi kewenangan salah satu BUMN perkebunan,” kata Febri saat dikonfirmasi.

Dolly P. Pulungan sejak akhir April 2018  menempati, posisi Direktur Utama PTPN III . Dia sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PTPN III. Oleh Kementerian BUMN, 

Yang menarik, posisi Wakil Direktur Utama PTPN III pun sebenarnya belum lama ditempati oleh Dolly. Secara resmi, jabatan itu diembankan pada Dolly di awal Februari 2018 seiring dengan adanya perubahan nomenklatur (tata nama) dan penataan organisasi di PTPN III.

Sebelum ditunjuk sebagai Wakil Direktur Utama PTPN III, Dolly menjabat sebagai Direktur Utama PTPN VII sejak September 2017 menggantikan pejabat sebelumnya, Andi Wibisono. Bahkan sebelum itu, Dolly adalah Direktur Utama PT Garam (Persero).

Dalam catatan rekam jejaknya pun, Dolly pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Berdikari, Direktur Utama PTPN XI, dan Direktur Keuangan PTPN X.