press enter to search

Jum'at, 22/11/2019 00:45 WIB

Google Investasi Rp663 Triliun Bangun Data Center

| Jum'at, 06/09/2019 05:59 WIB
Google Investasi Rp663 Triliun Bangun Data Center

JAKARTA (aksi.id) -  - Google Cloud akan membuka data center pertamanya di Indonesia pada awal 2020. Indonesia dipilih sebagai wilayah ke-21 untuk investasi data center ini yang akan menjadi komputasi awan (cloud) guna melayani wilayah di regional Asia Tenggara.

Regional Director South East Asia Google Cloud Tim Synan mengatakan saat ini Google Cloud telah memiliki 20 data center di seluruh dunia seukuran 24 Stadion Gelora Bung Karno.

Untuk membangun data center ini, katanya, sejak 2016-2018 perusahaan milik Aphabet Inc. ini sudah berinvestasi senilai US$ 47 miliar atau setara dengan Rp663 triliun (asumsi kurs Rp 14.100/US$).

Sebagai perbandingan, situs Stadion GBK mencatat, stadion yang dibangun pada 1958 dan selesai tahun 1962 ini memiliki luas lapangan 105 x 68 meter.

Tim Synan mengatakan di wilayah Asia Tenggara saja, Google Cloud sudah melayani 83 perusahaan seperti PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI), Spotify, AirAsia dan Twitter.

Adapun secara global, komputasi awan atau cloud ini sudah bekerjasama dengan mayoritas perusahaan besar di bidangnya, seperti media dan hiburan, software dan internet, jasa keuangan, manufaktur dan logistik, telekomunikasi dan ritel.

"Google Cloud Region akan tersedia di Indonesia pada paruh pertama 2020. Kami bekerjakeras untuk menghadirkan segera," kata Synan di dalam gelaran Google Cloud Summit di JIExpo Convention Center and Theatre, Kemayoran, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Nantinya cloud di Indonesia akan mengkonfigurasi tiga zona ketersediaan dengan servis yang akan diberikan seperti sistem komputasi, penyimpanan, data base services dan networking services termasuk interkoneksi cloud.

Pusat data di Jakarta ini nanti akan menyediakan sistem baru milik Google Cloud yakni BigQuery. Sistem ini akan memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pola karakter konsumen secara personal menggunakan big data yang sudah dimiliki menggunakan sistem yang sudah disediakan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menegaskan pemerintah menyambut baik kehadiran Google Cloud di Indonesia. Ini mengingat hanya ada 20 lokasi data center Google di dunia dan Indonesia akan menjadi salah satunya.

"Kita jadi keluarga, hanya ada 20 lokasi di dunia yang menjadi data center dan di Indonesia salah satunya," kata Rudiantara dalam gelaran Google Cloud Summit.

(fahri/sumber: cnbcindonesia.com).

Keyword Google