press enter to search

Sabtu, 23/11/2019 05:28 WIB

Proyek KA Semi Cepat Jakarta-Surabaya Diperebutkan Jepang dan China

Dahlia | Senin, 09/09/2019 16:52 WIB
Proyek KA Semi Cepat Jakarta-Surabaya Diperebutkan Jepang dan China Foto: istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya diperebutkan Jepang dan China. Padahal, proyek ini sebenarnya sejak awal melibatkan Jepang, tanpa campur tangan China. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, saat ini proses studi sudah masuk tahap finalisasi oleh pihak investor Jepang.

Menurutnya, Indonesia bisa saja mengabaikan tawaran China jika Jepang bisa menjaga kepercayaan.

“Ya saya pikir masih kita in favour kepada Jepang. Tapi Jepang juga enggak boleh semau dia juga. Jadi kita harus lihat ya, kamu jangan seperti MRT yang dikunci banget,” kata Luhut ketika ditemui di komplek parlemen Senayan Jakarta, Senin (9/9/2019).

Mengacu pada proyek MRT yang dikerjakan Jepang, Luhut menilai Indonesia tak punya banyak kesempatan untuk mengembangkan sejumlah aspek. Kunci dalam arti bahwa transfer teknologi dari Jepang ke Indonesia sulit direalisasikan.

“Kita juga harus ada punya kebebasan local content, transfer teknologi, seperti-seperti itu lah,” tegasnya.

Luhut bilang, dalam situasi terkini Jepang sulit ditelikung China. Sebab, pihak Jepang juga menunjukkan niat serius mengerjakan proyek tersebut.

“Saya pikir agak sulit [China masuk] karena Jepang pengen benar-benar untuk masuk situ dan kita juga lihat Jepang ini long investor di Indonesia,” katanya. (ds/sumber CNBC)