press enter to search

Kamis, 25/04/2024 07:44 WIB

Polda Metro Pasang Kamera ETLE di Jalur Transjakarta

Redaksi | Selasa, 10/09/2019 07:04 WIB
Polda Metro Pasang Kamera ETLE di Jalur Transjakarta Foto.dok
JAKARTA (aksi.id) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan kerja sama dengan PT Transportasi Jakarta untuk pemasangan kamera sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di jalur Transjakarta.

"Jalur Transjakarta diharapkan steril dari pengendara lain selain transjakarta," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Senin (9/9).

Disampaikan Yusuf, dengan pemasangan kamera tilang elektronik itu, maka pihak kepolisian bakal melakukan penindakan terhadap pengendara kendaraan bermotor yang melintas di jalur Transjakarta.

"Yang masuk ke kawasan transjakarta atau dijalur separatornya transjakata itu di dalam itu kita akan laksanakan penindakan," ujarnya.
Diketahui dalam penerapan sistem tilang elektronik hanya berlaku pada kendaraan roda empat. Namun, untuk penerapan di jalur Transjakarta, sistem tersebut juga berlaku untuk kendaraan roda dua.

"Jadi seluruh kendaraan apakah roda dua, roda empat dan sebagainya, nanti yang masuk ke jalur busyway terekam sama kamera ETLE atau petugas yang ada di sana pasti kita laksanakan penindakan," tutur Yusuf.

Yusuf menuturkan untuk proses penindakan terhadap para pelanggar bakal dilakukan secara manual dan lewat sistem tilang elektronik.

Meski begitu, kata Nasir, tetap ada sejumlah kendaraan yang mendapat pengecualian, antara lain mobil pemadam kebakaran hingga mobil ambulans.
Sementara itu, Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono menyampaikan pemasangan kamera ETLE di jalur Transjakarta diharapkan mampu meningkatkan sterilisasi jalur dari kendaraan bermotor lainnya.

Dengan demikian, kenyamanan pengguna Transjakarta juga meningkat lantaran ketepatan waktu bus juga meningkat.

"Kami dapat banyak masukan yang paling penting adalah jalur itu steril supaya diketahui dengan akurat kapan bus datang dan kapan tiba di tempat," ucap Agung.

Lebih lanjut, Agung berharap kamera ETLE itu bisa segera diterapkan paling lambat bulan Oktober mendatang.

Namun, untuk titik-titik pemasangan kamera itu, Agung enggan membeberkan. Ia juga enggan mengungkapkan berapa jumlah kamera yang rencananya bakal dipasanga.

"Saya tidak mau buka (titik pemasangan ETLE), karena harus rahasia agar menciptakan kesadaran pengendara bahwa ya betul ada kamera di jalur busway tapi di jalur mana dan titik mana, tidak kami beri tahu" tuturnya  (ny/Sumber: CNNIndonesia)