press enter to search

Minggu, 22/09/2019 04:53 WIB

Presiden Jokowi Inspektur Upacara Pemakaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie di TMP Kalibata

Redaksi | Kamis, 12/09/2019 09:41 WIB
Presiden Jokowi Inspektur Upacara Pemakaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie di TMP Kalibata   Presiden Jokowi. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Jenazah almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) akan dimakamkan di Tempat Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) sekitar pukul 13:00 WIB. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi inspektur upacara pemakaman Presiden ke-3 RI tersebut.

"Saya akan bertindak sebagai inspektur upacara," kata Jokowi usai melayat jenazah ke rumah duka BJ Habibie di Jalan Patra Kuningan XIII, Blok L XV Kav 5, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Jokowi mengatakan, pengabdian BJ Habibie kepada bangsa dan negara sangat banyak. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun meminta kepada semua masyarakat Indonesia mendoakan almarhum.

"Kita semuanya seluruh masyarakat Indonesia mengajak berdoa bersama-sama semoga arwah beliau diterima di sisi Allah SWT, diberikan tempat paling baik di sisiNya," kat Jokowi.

Seperti diketahui, jenazah BJ Habibie akan dikebumikan di samping pusara sang istri Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie. Pemerintah telah menyiapkan segala kebutuhan pemakaman Habibie.

"Presiden meminta saya untuk menyiapkan semua yang dibutuhkan, fasilitas keluarga. Untuk malam ini dan pemakaman besok, sudah disiapkan pemakaman di sebelahnya almarhumah Ibu Ainun Habibie jadi seingat sektor 120-121. Jadi semuanya sudah siap," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di kantornya.

Dia mengatakan pemerintah sudah berkoordinasi dengan keluarga Habibie terkait persiapan pemakaman. Pemerintah berharap segala persiapan berjalan lancar.

"Kami masih berkoordinasi dengan keluarga. Suasananya masih berduka, kita harapkan dalam waktu yang sangat singkat, malam ini sudah bisa ditentukan besok upacara pemakamannya bisa jam berapa," kata dia, tadi malam. (ds/sumber merdeka)