press enter to search

Jum'at, 29/03/2024 15:11 WIB

Siak Riau Masih Tertutup Kabut Asap Meski Diguyur Hujan

Redaksi | Sabtu, 14/09/2019 13:26 WIB
Siak Riau Masih Tertutup Kabut Asap Meski Diguyur Hujan Kebakaran hutan di Riau. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Hujan dengan intensitas ringan (gerimis) yang mengguyur ibukota kabupaten Siak, Riau pada Sabtu (14/9) dini hari belum mengurangi intensitas kabut asap.

Dilaporkan, kualitas udara Riau masih tertutup kabut asap pada Sabtu pagi kendati hujan ringan telah turun untuk pertama kali sejak Agustus silam. Dalam dua pekan terakhir kabut asap di Siak menyebabkan udara tidak sehat hingga masuk ke kategori berbahaya.

Bupati Siak Alfedri mengatakan asap yang menyelimuti wilayahnya adalah kiriman dari kabupaten maupun provinsi lain, karena dalam dua pekan titik api tidak banyak di Siak.

"Asap ini kiriman dari kabupaten lain maupun provinsi tetangga, karena menurut BMKG angin berhembus dari selatan ke utara," ujar Alfedri.

Dalam beberapa hari terkahir, titik api di Riau, titik panas terbanyak di Kabupaten Indragiri Hilir (127), Indragiri Hulu (31), Pelalawan (30), Rokan Hilir (18), Kuansing dan Kampar (masing-masing 11), Bengkalis (7), Siak (3), dan kota Dumai (1). Dari jumlah tersebut dipastikan ada 177 titik api dengan lokasi terbanyak di Inragiri Hilir (98, Inhu (20), Pelalawan (21), Rohil (13), Kuansing (9), Kampar (8), Bengkalis (6), dan Siak (2). (ds/sumber antara)