Mantap, Balitbanghub Raih Sertifikasi ISO 9001 : 2015

JAKARTA (aksi.id) – Mantap, terus tingkatkan standar mutu, Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan raih Sertifikasi Manajemen ISO 9001 : 2015 dari Badan Sertifikasi TÜV NORD Indonesia.
“Perolehan sertifikasi ini adalah bukti nyata atas sistem manajemen yang baik di lingkungan Badan Litbang Perhubungan,” jelas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) Sugihardjo di Jakarta, Selasa (17/9/2019).
TÜV NORD Indonesia memberikan tiga sertifikasi ISO 9001 : 2015 yakni Sertifikasi untuk Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Antarmoda yang telah menerapkan sistem manajemen sesuai dengan standar untuk ruang lingkup Penyedia Penelitian dan Pengembangan untuk Transportasi Antarmoda.
Selanjutnya Sertifikasi diberikan kepada Perpustakaan Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan dan Warta Penelitian Perhubungan yang telah menerapkan sistem manajemen sesuai dengan standar dengan ruang lingkup Pengelolaan Perpustakaan dan Warta Penelitian Perhubungan.
“Terakhir, sertifikasi kami terima untuk Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Jalan dan Perkeretaapian yang telah menerapkan sistem manajemen sesuai dengan standar untuk ruang lingkup Penelitian dan Pengembangan Transportasi Jalan dan Perkeretaapian,” urainya.
Menurutnya, yang diperoleh ini bukan sekedar sertifikat tapi ini merupakan komitmen kita bagaimana menjalankan bisnis proses dengan standar internasional, karena itu, ini menjadi komit bersama agar proses kerja lebih professional, sehingga hasilnya lebih berkualitas.
ISO 9001 : 2015 ini adalah sebuah pondasi untuk melakukan pengembangan, dan merupakan langkah maju Kemenhub, khususnya Balitbanghub.
Kedepannya, dengan adanya ISO 9001 : 2015, auditor internal sudah memiliki pondasi-pondasi dasar bagaimana mengimplementasikan tugas masing-masing ke dalam sebuah standar internasional.
Direktur TÜV NORD Indonesia, Bayu Wicaksana menambahkan, sertifikat yang diraih hari ini sudah setara dengan yang ada di negara lain, tentunya hal ini menjadi sebuah kebanggaan apabila akan melakukan benchmarking di luar negeri.
“Agar dapat menerapkan Standar Sistem Manajemen ISO 9001 : 2015, banyak faktor yang memengaruhi perancangan dan penerapannya, antara lain lingkungan organisasi, risiko apa saja yang dapat memengaruhi mutu produk dan layanan,” tutur Bayu.
Selanjutnya tahapan kegiatan apa saja yang dilakukan organisasi, produk/layanan apa yang dihasilkan, serta pengetahuan yang dibutuhkan organisasi untuk meningkatkan kualitas mutu pelayanan atau produk.
Dia berharap, semoga sertifikasi ini dapat berlangsung dengan baik hingga masa berakhir tahun 2022.
“Kami juga punya tanggung jawab untuk memastikan bahwa sertifikat yang diraih hari ini dapat terimplementasi dengan baik,” katanya.
Dengan berhasilnya Badan Litbang Perhubungan meraih sertifikat ISO 9001 : 2015 ini, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat akan mutu produk dan layanan dari Balitbanghub.
“Hal ini karena mutu produk maupun layanan yang dihasilkan Balitbanghub telah terbukti terjamin,” pungkas Sugihardjo. (omy)
Artikel Terkait :
Artikel Terbaru :
TERPOPULER
- Rayakan Masa Liburan Sekolah Bersama Kids Fun Menu Persembahan Kuliner Kereta
- Polsek Bantargebang Tunjukkan Aksi Bela Diri Terbaik Dalam kejuaraan Kapolres Metro Bekasi Kota Cup
- Robot Humanoid hingga Robot Dog, Polri Tampilkan Inovasi Teknologi Jelang Hari Bhayangkara
- Mulai 1 Juli 2025, CommuterLine Basoetta hanya 39 Menit ke Bandara Soekarno-Hatta, Tambah 70 Perjalanan Per Hari
- Anak Aniaya Ibu Kandung Gegara Gagal Pinjam Motor, Terancam 5 Tahun Penjara
- Insiden KRL dan Truk di Tangerang: KAI Imbau Masyarakat Lebih Tertib di Perlintasan Sebidang
- KAI Commuter dan DJKA Operasikan Bangunan Baru Stasiun Tanah Abang
- KAI Services Akan Tata Perparkiran di Stasiun Cikampek
- AstraPay Dorong Inklusi Keuangan dan Peran Generasi Muda dalam Pemulihan Ekonomi Digital
- Surabaya Unggul, KAI Logistik Perkuat Kinerja di Jawa Timur lewat Kemitraan dan Layanan Inovatif
