press enter to search

Minggu, 20/10/2019 11:34 WIB

5 Manfaat Acai Berry untuk Kesehatan

Dahlia | Jum'at, 20/09/2019 23:05 WIB
5 Manfaat Acai Berry untuk Kesehatan Foto: istimewa
Sekilas buah ungu ini fisiknya mirip blueberry, tapi sebenarnya ia adalah acai berry. Buah ini berasal dari pohon palem acai yang banyak tumbuh di hutan hujan Amazon. Buah dengan rasa asam manis ini bukan hanya menyegarkan tubuh, tapi juga punya manfaat super.
 
Dalam 100 gram smoothies acai berry mengandung; 70 kalori, 5 gram lemak, 1,5 gram lemak jenuh, 4 gram karbohidrat, 2 gram gula, 2 gram serat, vitamin A, serta kalsium.
 
 
Menurut sebuah studi di Venezuela, acai berry juga mengandung beberapa mineral lainnya; termasuk kromium, seng, besi, tembaga, mangan, magnesium, kalium dan fosfor. Tetapi beberapa manfaat kesehatan acai yang paling kuat, asalnya dari senyawa antioksidan anthocyanin yang juga membuat warnanya menjadi ungu.
 
 
Dari sekian banyak nutrisi tersebut, tak heran acai berry dipercaya sebagai buah super yang kaya khasiat. Lalu, apa saja manfaat yang ditawarkan acai berry? Yuk, simak ulasannya!
 
 
1. Menurunkan risiko Alzheimer dan parkinson
 
 
Orang tua sakit Alzheimer. Foto: Pixabay
Melansir medicalnewstoday.com, antioksidan anthocyanin yang banyak terdapat dalam acai berry rupanya punya peran yang baik dalam menurunkan risiko penyakit otak. Terutama penyakit otak yang terkait dengan usia; seperti Alzheimer dan parkinson.
 
 
Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa diet kaya antioksidan dan polifenol yang bersifat anti-inflamasi bisa menurunkan risiko kedua penyakit tersebut. Termasuk diet yang dibarengi dengan mengonsumsi acai berry.
 
 
2. Menjaga kesehatan jantung
 
 
Ilustrasi kesehatan jantung Foto: dok.shutterstock
Studi lain menemukan, rutin mengonsumsi acai berry dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 32 persen pada perempuan muda dan setengah baya. Serat dan lemak sehat dari buah ini mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL), dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).
 
 
3. Antikanker
 
 
Ilustrasi Acai Berry Foto: Shutterstock/Alexander Ruiz Acevedo
Dalam sebuah penelitian kecil terhadap 25 pasien kanker usus besar menemukan bahwa, asupan anthocyanin selama tujuh hari sebesar 0,5-2,0 gram, menghasilkan peningkatan yang serupa dengan terapi kanker lainnya.
 
 
Namun penelitian ini masih dalam skala kecil, dan belum ada yang meneliti berskala besar hingga saat ini.
 
 
4. Antidiabetes
 
 
com-Ilustrasi diabetes. Foto: Shutterstock
Kekayaan anthocyanin dalam acai berry dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat proses oksidatif. Sel yang rusak karena oksidasi dari paparan radikal bebas, bisa merebut elektron dari sel sehat. Akibatnya, tubuh terjangkit berbagai penyakit mematikan seperti diabetes.
 
 
The National Center for Complementary and Integrative and Health (NCCIH) juga mencatat, mengonsumsi acai berry dapat membantu mengurangi gula darah pada orang yang kelebihan berat badan.
 
 
5. Mencegah cedera otot
 
 
Cedera lutut pada anak Foto: shutterstock
Hasil penelitian tahun 2015 menunjukkan bahwa mengonsumsi jus acai berry selama enam minggu, mampu meningkatkan aktivitas antioksidan plasma, profil lipid serum membaik, dan juga meringankan cedera otot akibat olahraga.(lia/sumber:kumparan)
Keyword Acai berry

Artikel Terkait :

-