press enter to search

Kamis, 17/10/2019 17:24 WIB

Bahaya Kertas Nasi Warna Coklat, Bisa Picu Kanker Getah Bening

Dahlia | Sabtu, 21/09/2019 10:07 WIB
Bahaya Kertas Nasi Warna Coklat, Bisa Picu Kanker Getah Bening Foto: ilustrasi

Bekasi  (aksi.id)- Sejumlah penelitian menemukan, kertas ini mengandung BPA berbahaya bagi tubuh. BPA atau bisphenol A adalah bahan kimia yang sering digunakan sebagai bahan pembuat wadah makan, bukan hanya plastik, tetapi juga kertas.  

Awalnya BPA digunakan pada wadah makanan kaleng agar kaleng tidak mudah berkarat.  Dilansir dari WebMD, Kurunthachalam Kanna, Ph.D, seorang ilmuwan riset di News York State Separtement Healt, menyatakan bahwa BPA juga terkandung pada kertas pembungkus makanan dengan tingkat konsentrasi yang sangat tinggi.


Bubuk BPA digunakan untuk melapisi kertas supaya lebih tahan terhadap panas. Bahaya penggunaan kertas ini juga pernah dipaparkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Peneliti Pusat Penelitian Biomaterial Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Lisman Suryanagara mengingatkan masyarakat supaya berhati-hati dengan kertas nasi dan kertas daur ulang yang dipakai untuk membungkus makanan. 


Menurut Lisman, bahan yang digunakan sebagai bungkus makanan dari masa ke masa antara lain, keramik, kaca, plastik, aluminium foil, hingga yang berbahan dasar kertas. Lisman menambahkan, zat kimia tersebut bisa berdampak negatif bagi tubuh dan memicu berbagai penyakit diantaranya kanker, kelenjar getah bening, gangguan reproduksi hingga mutasi gen.

Keyword Kertas nasi

Artikel Terkait :

-