press enter to search

Sabtu, 23/11/2019 03:54 WIB

5 Kota jadi Percontohan Sutri Nama dan Indobus

Dahlia | Selasa, 08/10/2019 16:27 WIB
5 Kota jadi Percontohan Sutri Nama dan Indobus Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi (foto:ist)

JAKARTA (aksi.id) – Lima kota menjadi percontohan pelaksanaan program sustainable urban transport programme Indonesian (Sutrinama) dan Indonesian Bus rapid transit corridor development project (Indobus) yang penandatangannya dilakukan oleh Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan Pemkot.

Kelima kota itu antara lain Bandung, Semarang, Makassar, Batam, dan Pekan Baru.

“Program ini terealisasi atas bantuan Pemerintah Jerman dan Swiss,” ujar Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi didampingi Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Menurutnya, banyak yang diberikan kedua negara tersebut, mulai dari kajian hingga pendanaan yang mencapai 21 juta euro atau setara Rp326 miliar.

“Sebetulnya untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas angkutan umum, kita sudah memulai sekitar beberapa tahun lalu dan memang komit serta konsisten,” tuturnya.

Mengapa demikian? Karena hal itu untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. sekarang pertumbuhan di kota-kota ini kan selalu dihinggapi kemacetan. Selain itu, menyangkut kualitas udara, polusi udara dan atau menyangkut efek rumah kaca. Penyumbang polusi udara di Jakarta saat ini mencapai 90 persen.

“Sudah saatnya kita perbaiki angkutan umum, untuk mengurangi polusi udara dan kemacetan lalin,” ungkap dia. (omy)