press enter to search

Jum'at, 22/11/2019 22:19 WIB

Sebagian Kawasan Kawah Putih Ciwidey Ditutup Akibat Kebakaran Lahan

Redaksi | Selasa, 08/10/2019 17:21 WIB
Sebagian Kawasan Kawah Putih Ciwidey Ditutup Akibat Kebakaran Lahan Swafoto di Ciwedey

BANDUNG (Aksi.id) - Kepolisian menutup sebagian area wisata Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung, akibat kebakaran lahan sejak Senin (7/10), termasuk titik swafoto atau selfie di kawasan itu.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan hal itu sudah dikoordinasikan oleh Polres Bandung dan jajaran Polsek di bawahnya dengan pengelola area wisata.

"Mulai hari ini ditutup sebagian, terutama terkait dengan wahana untuk swafoto yang ikut terbakar. Tidak mungkin kan dipersilakan masuk," kata Trunoyudo, di kantornya, Bandung, Selasa (8/10)

Selain titik swafoto, lanjut Trunoyudo, akses ke Kawah Putih masih bisa dilalui.

"Akses masuk tetap bisa dilalui karena hanya beberapa titik saja [yang ditutup]. Jadi tidak keseluruhan, hanya sebagian yang ditutup," ujarnya.

Trunoyudo sendiri menduga penyebab kebakaran lahan di area itu dipicu oleh faktor alam atau ulah manusia.

"Karena sekarang musim kemarau, tentu kan banyak alang-alang, rumput, serta pepohonan mengering, itu berpotensi karena bahan yang mudah terbakar," kata dia.

Adapun faktor manusia, lanjut Trunoyudo, dapat terjadi secara disengaja maupun tidak.

"Kalau sengaja berarti jelas ada orang yang melakukan pembakaran, namun faktor lain ketidaksengajaan," ucapnya.

Lantaran itu, pihaknya bersama Polres Bandung masih berupaya melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab kebakaran itu.

"Kalau disengaja kan perlu alat bukti penyelidikannya, tapi kalau tidak sengaja bisa saja karena masyarakat membuang sampah sembarangan seperti puntung rokok," katanya. (ds/sumber CNN)