press enter to search

Kamis, 21/11/2019 20:30 WIB

YLKI Setuju Kenaikan Tarif Penyeberangan Asal Perhatikan Hal Ini

Dahlia | Selasa, 08/10/2019 20:25 WIB
YLKI Setuju Kenaikan Tarif Penyeberangan Asal Perhatikan Hal Ini Foto: istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) hadir dalam Uji Publik Rancangan Peraturan Menteri (RPM) Perhubungan tentang Mekanisme Penetapan dan Formulasi Tarif Angkutan Penyeberangan dan Penyesuaian Tarif Angkutan Penyeberangan AntarProvinsi di Mandarin Oriental Hotel Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi menyampaikan, dalam menentukan kebijakan tarif penyeberangan ada beberapa poin yang harus diperhatikan.

“Pertama soal keadilan tarif yakni berarti adil bagi konsumen dan memperhatikan kepantasan bagi konsumen maupun operator. Ada juga ability to pay dan willingness to pay,” ujar Tulus.

Dari informasi yang disampaikan tadi dia menyebutkan bahwa sudah mengarah ke sana.

“Daya beli jadi penting karena pengguna kapal dari menengah ke bawah karena itu daya belinya perlu diperhatikan,” ungkapnya.

Menurut Tulus, penyesuaian tarif ini dinilai baik dan telah memenuhi aspek kepantasan bagi para operator. Terlebih memang sudah 2,5 tahun tidak dilakukan penyesuaian tarif penyeberangan.

Dalam uji publik ini dihadiri juga oleh Direktur Operasional Jasa Raharja Amos Sampetoding serta Khoiri Soetomo, Ketua Umum DPP Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (GAPASDAP).

Uji publik dipimpin Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Chandra Irawan setelah dibuka oleh Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi. (omy)