press enter to search

Jum'at, 15/11/2019 09:11 WIB

4 Faktor ini Sering jadi Penyebab Kecelakaan di Perlintasan Sebidang

Dahlia | Kamis, 10/10/2019 14:49 WIB
4 Faktor ini Sering jadi Penyebab Kecelakaan di Perlintasan Sebidang Foto: istimewa

KENDAL (aksi.id) – Direktur Keselamatan Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zamrides menyebutkan, ada empat faktor yang bisa menjadi penyebab kecelakaan di perlintasan sebidang kereta api (KA).

“Pertama, pengguna jalan tidak disiplin dalam mematuhi peraturan berlalu lintas di perlintasan sebidang. Kedua, pengguna jalan kurang sabar menghadapi antrian panjang/ kemacetan disaat akan melewati perlintasan sebidang, sehingga pengguna jalan menerobos pintu perlintasan yang sudah ditutup ataupun sudah diperingatkan agar berhenti,” urai Zamrides di Kendal ditulis, Kamis (10/10/2019).

Ketiga, kata dia, masih minimnya fasilitas keselamatan seperti tidak adanya palang pintu perlintasan, tidak ada rambu/ tanda dan marka serta pita kejut (polisi tidur) di perlintasan sebidang.

Terakhir atau keempat, kecelakaan juga terjadi pada bukan warga setempat, karena tidak memahami situasi bahwa pada daerah yang dilewati ada perlintasan sebidang KA (perlu penambahan informasi mengenai adanya perlintasan sebidang serta jadwal perjalanan KA).

“Total perlintasan sebidang di Kabupaten Kendal sebanyak 41 perlintasan sebidang, dengan klasifikasi 29 buah perlintasan tidak berpalang pintu, dan 12 buah sudah berpalang pintu,” ujarnya.

Informasi tesebut bisa diumumkan kepada masyarakat, agar mereka memahami pentingnya keselamatan berlalulintas dan lebih berhati-hati saat lalui perlintasan sebidang. (omy)

Keyword Kereta api