press enter to search

Kamis, 21/11/2019 20:37 WIB

Mantap, Bersih Laut dan Pantai akan Rutin Diadakan Setiap Bulan

Dahlia | Jum'at, 11/10/2019 08:55 WIB
Mantap, Bersih Laut dan Pantai akan Rutin Diadakan Setiap Bulan Foto: istimewa

BALI (aksi.id) – Mantap, bersih laut dan pantai akan dilaksanakan secara rutin setiap bulan di tiap-tiap pelabuhan di Indonesia.

Pada 12 September 2019, Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan telah berhasil menyelenggarakan kegiatan Bersih Laut dan Pantai Secara Serentak di 228 pelabuhan di Indonesia.

Tak hanya menjadi bersih, kegiatan tersebut juga curi perhatian dan berhasil memecahkan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Aksi Membersihkan Laut secara Serentak di Pelabuhan Terbanyak.

Kegiatan yang melibatkan kurang lebih 100.000 orang tersebut dapat dilakukan secara rutin di seluruh UPT yang ada di Indonesia.

“Sesuai arahan Menteri Perhubungan, program itu harus terus digulirkan. Saya yakin semua senang dengan pantai yang bersih, dengan laut yang bersih dan bisa dimulai dari pelabuhan-pelabuhan kita,” ujar Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R Agus H Purnomo di Bali, Kamis (11/10/2019).

Untuk itu, Dirjen Perhubungan Laut mengeluarkan instruksi agar setiap UPT, dalam satu bulan paling sedikit sekali untuk melakukan gerakan bersih-bersih laut dan pantai.

“Tim sosial media SMRT dapat membuat video, foto-foto dan tulisan-tulisannya sehingga mempunyai dampak positif bagi masyarakat. Ayo kita secara berkesinambungan, secara rutin lakukan itu dimulai dari pelabuhan-pelabuhan kita, terus berkembang keseluruh tepi pantai ataupun wilayah lainnya,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Agus juga memberikan penghargaan bagi pemenang video dokumentasi gerakan bersih laut dan pantai. Adapun 3 besar pemenang penghargaan tersebut yaitu Distrik Navigasi Kelas I Dumai sebagai juara 1, Kantor UPP Kelas III Leok juara kedua, dan Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Bitung juara ketiga. (omy)