press enter to search

Jum'at, 22/11/2019 21:50 WIB

Tim Sosial Media Penting untuk Dorong Citra Positif Kemenhub

Dahlia | Jum'at, 11/10/2019 08:58 WIB
Tim Sosial Media Penting untuk Dorong Citra Positif Kemenhub Foto: istimewa

BALI (aksi.id) – Tim sosial media penting ada untuk dorong citra positif kelembagaan tak terkecuali Kementerian Perhubungan dengan menyampaikan informasi-informasi positif terkait kinerja dan layanan.

Di Ditjen Perhubungan Laut, dibentuk Tim Social Media Response Team (SMRT) yang bertugas sebar informasi terkini dan menjadi tim reaksi cepat dalam penanganan informasi palsu (hoax) yang beredar di masyarakat luas melalui sarana media sosial dengan melakukan klarifikasi terencana, sistematis, dan terstruktur.

“Kami berkomitmen dalam meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) SMRT di bidang Kehumasan, khususnya dalam teknis penulisan berita dan fotografi jurnalistik,” jelas Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo disela menutup Bimbingan Teknis yang dihadiri perwakilan SMRT dari 296 Unit Pelaksana Tugas (UPT) di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut di Bali, Kamis (10/10/2019).

Selama dua hari, Tim SMRT sudah dilatih dan diajari bagaimana etikanya untuk menulis dan memasang foto sehingga bisa ada impact moral yang positif, tidak sekadar menarik dan direspon oleh masyarakat banyak.

“Tetapi harus bertanggungjawab moral, itu penting sekali,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan apresiasi yang diberikan oleh Menteri Perhubungan Buri Karya Sumadi untuk tim kehumasan yakni tim SMRT yang dibentuk oleh Ditjen Perhubungan Laut.

“Saya kira sudah jamak bahwa zaman sekarang ini betapa pentingnya peran humas, SMRT Ditjen Perhubungan Laut, Alhamdulillah sangat diapresiasi oleh Bapak Menteri Perhubungan,” kata dia.

Para petugas yang menangani kehumasan khususnya yang telah mengikuti Bimtek ini, diharapkan dapat menjadi aset bagi Ditjen Perhubungan Laut dan memberikan kontribusinya dalam menyebarluaskan informasi mengenai berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah, khususnya Kementerian Perhubungan.

“Kita harus mengkomunikasikan program-program positif, program Kementerian Perhubungan, khususnya Ditjen Perhubungan Laut dan Negara kepada seluruh masyarakat dengan etika dan tanggung jawab penuh supaya seluruh yang kita sampaikan ke publik berupa tulisan, berupa foto itu supaya mempunyai pengaruh yang positif bagi negeri kita,” imbaunya. (omy)