press enter to search

Kamis, 21/11/2019 13:31 WIB

Ini Burung Paling Berbahaya dan Dihindari Manusia

Redaksi | Senin, 14/10/2019 07:55 WIB
Ini Burung Paling Berbahaya dan Dihindari Manusia Burung-burung ini berbahaya dan paling dihindari manusia Photo : vstory

JAKARTA (aksi.id) - Hai semua, dalam bayangan kita burung adalah salah satu jenis burung yang terlihat tidak berbahaya dan banyak juga orang yang memeliharanya. Namun, di dunia yang luas ini ternyata tidak semua jenis burung dikategorikan sebagai hewan yang tidak berbahaya dan aman untuk dipelihara. Dan berikut ini adalah daftar burung yang tergolong dalam burung yang berbahaya.

1.       Giant Patrel

Termasuk dalam jenis burung karnivora karena makanannya adalah daging, tapi burung ini juga memakan bangkai. Karena makanannya tersebut burung ini masuk dalam salah satu predator di udara dan berada di puncak rantai makanan untuk kelas burung-burung lain.

Dengan berat mencapai 5 kg, lebar sayap mencapai 1,8 m, dan memiliki kecepatan terbang mencapai 20 m/s. Karena dengan jenis makanannya adalah daging dan juga bangkai maka untuk berburu burung ini menggunakan cara membunuh mangsa lalu memakannya.

Giant Patrel

Giant Patrel

 

2.       Kasuari

Masuk dalam jenis burung yang tidak bisa terbang dan dengan ciri khas tanduk di atas kepalanya serta ukuran tubuhnya yang besar burung ini masuk dalam kategori burung raksasa. Di tambah dengan kaki besar yang kuat dan tajam membuat burung mampu membunuh apapun yang mengganggunya tak terkecuali dengan manusia.

Meskipun makanan burung ini adalah biji-bijian tapi dengan kaki hebatnya tadi maka apapun yang mengganggunya bisa berakhir tragis. Dengan kecepatan berlari mencapai 50 km/jam menjadikannya sebagai hewan besar yang cukup gesit dalam berlari.

Pada tahun 2012 seorang turis di Quensland mengalami sebuah insiden karena mengganggu burung ini dan mendapatkan tendangan dari burung ini dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Insiden yang terkenal adalah pada tahun 1926 di mana pada saat itu sekelompok pemburu kasuari dan salah seorang dari para pemburu itu terkena tendangan dari kasuari dan meninggal.

Kasuari

Kasuari

3.       Burung Unta

Banyak tersebar di Afrika dengan ukuran jantan dewasa mencapai 2,75 m dan berat mencapai 150 kg. Burung ini termasuk jenis burung yang individu namun terkadang ada juga yang berkelompok namun kelompok kecil. Karena tapak kakinya yang unik membuat burung ini mampu berlari dengan kecepatan mencapai 72,5 km/j.

Dengan jenis makanannya yaitu biji bijian. Jika dalam keadaan terancam burung ini mampu menendang dengan tendangan yang keras dan bisa berakibat fatal bila terkena tendangannya tersebut.

Burung unta

Burung unta

4.       Emu

Dengan tubuh kekar yang hampir mirip dengan burung kasuari, namun burung emu lebih kecil dari burung kasuari. Burung ini memiliki kecepatan berlari mencapai kecepatan 50 km/jam, dengan kecepatan seperti itu burung emu mampu berlari sama dengan burung unta. Dalam kasus burung emu sangat jarang ada burung emu yang sampai menyerang manusia

 

Emu

Emu

 

5.       Barred Owl

Atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan nama burung hantu barred. Burung yang satu ini memiliki berat mencapai 600-800 kg dengan bentang sayap mencapai 1 meter dan mampu terbang dengan kedap suara. Hewan ini memiliki habitat yang tersebar di daerah Amerika Serikat Timur sampai Kanada Tenggara. Dengan cara membunuh yang cukup mengerikan yaitu dengan mencengkram kepala mangsanya agar si mangsa terbunuh.

Owl

Owl

6.       Pitohui

Memang termasuk golongan burung yang kecil namun jangan remehkan burung yang satu ini karena burung yang satu ini memiliki racun yang cukup mengerikan. Sebagai satu-satunya unggas yang beracun yang didapatkan dari makanannya yaitu serangga berjenis Cioresinespipi yang memiliki racun Batraciotoksin yang bisa melumpuhkan hewan ataupun manusia.

Seperti pada tahun 1989 di mana para peneliti di Papua Nugini tersentuh burung ini dan mengalami mati rasa pada bagian yang tersentuh tersebut. Dengan ciri berwarna hitam pada bagian kepala, ekor, dan sayap dengan warna oranye di bagian perut. Namun ditempat asalnya yaitu di Papua Nugini hewan beracun ini justru dijadikan sebagai makanan dengan cara memasak yang tentunya khusus oleh orang asli Papua Nugini.

Pitohui

Pitohui

7.       Vulture Bearged

Dengan ciri khas jenggot di bagian bawah paruhnya yang apabila dipandang cukup terlihat gagah. Merupakan jenis burung bangkai besar yang hidup di Bumi dengan tinggi tubuh mampu mencapai 1 meter dengan berat 7 kg, dan bentang sayap mencapai 2,5 meter maka burung ini mampu terbang diketinggian 230 mdpl. Makanan dari burung ini selain bangkai adalah tulang.

Vulture Bearged

Vulture Bearged

Itulah beberapa jenis burung yang dianggap berbahaya dan dihindari oleh manusia. Kita harus waspada bila pada suatu waktu bertemu mereka.

(ny/Sumbet: VIVA.co.id)