press enter to search

Sabtu, 20/04/2024 17:56 WIB

Ingin Beli Hunian Terkoneksi LRT, Berikut Daftarnya!

Redaksi | Senin, 14/10/2019 15:43 WIB
Ingin Beli Hunian Terkoneksi LRT, Berikut Daftarnya! Stasiun LRT Bekasi [Foto: merdeka.com]

JAKARTA (Aksi.id) - Menunggu Light Rail Transit (LRT) beroperasi sepenuhnya, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, tengah mempersiapkan fasilitas pendukung di sekitar jalur moda transportasi ini.

Fasilitas pendukung tersebut seperti hunian, perkantoran dan komersial area yang direalisasikan melalui kehadiran PT Adhi Commuter Properti (ACP), anak usaha dari ADHI, dengan mengusung brans LRT City.

ACP secara khusus bergerak di bidang property, town management & support. Dengan konsep Transit Oriented Development (TOD), maka salah satu ciri khas dari setiap produk properti ACP adalah terintegrasi langsung dengan stasiun LRT dan fasilitas transportasi umum lainnya.

Berikut ini 8 kawasan LRT City yang telah dikembangkan oleh PT ACP:

1. LRT City Bekasi Timur - Eastern Green
2. LRT City Bekasi Timur - Green Avenue
3. LRT City Sentul - Royal Sentul Park
4. LRT City Jatibening Baru - Gateway Park
5. LRT City Jakarta - Urban Signature
6. Cisauk Point, Member of LRT City (Cisauk)
7. MTH 27 Office Suites (MT Haryono)
8. LRT City MT Haryono - The Premiere MTH

Selanjutnya proyek pengembangan ACP akan berada di kawasan Cibubur dan beberapa titik di Bogor dengan luas lebih dari 100 hektar. ACP akan selalu berinovasi melalui pembangunan kawasan hunian yang bertujuan untuk meraih hidup yang lebih berkualitas.

ACP menyatakan konsep TOD sendiri, terdiri dari lima value. Pertama, kemudahan menjangkau area kawasan oleh pejalan kaki dan pesepeda. Kedua, densify, dimana kawasan hunian dikelola secara efisien. Ketiga, diterapkannya konsep mixed-use development atau pembauran fungsi dan kegiatan yang bertujuan mengoptimalkan fungsi tata guna kawasan.

Keempat, shift & transit, sudah saatnya kita tinggalkan kendaraan pribadi, maka LRT City mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi umum massal, berjalan kaki atau bersepeda. Terakhir, connect, inilah kehebatan konsep TOD yang mampu menciptakan jaringan jalan yang saling terhubung secara sistematik dengan perencanaan pembangunan layanan transportasi publik. Singkat kata, ke mana-mana jadi terasa lebih cepat!.

Sebelumnya, masyarakat Jabodebek sebentar lagi bisa menikmati moda transportasi Light Rail Transit (LRT). Kepastian tersebut didapatkan setelah PT INKA (Persero) telah mulai mengirim rangkaian kereta LRT dari Madiun ke Depo Sementara LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti, Cibubur.

Rangkaian terdiri dari enam (6) kereta dan telah diberangkatkan pada Selasa (8/10/2019) pukul 18.40 WIB dengan Multi-Axle Truck. Setelah melalui perjalanan selama empat (4) hari, kereta LRT Jabodebek telah tiba di Stasiun Harjamukti, Cibubur pada Jumat (11/10/2019)

Suksesnya pengiriman tersebut berkat kerjasama PT INKA (Persero) dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yang memastikan keamanan pengiriman rangkaian kereta saat melintasi tol Trans Jawa.

Proses pengangkatan rangkaian LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti berhasil diselesaikan pada Minggu (13/10/2019), dengan disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Untuk selanjutnya akan dilakukan tahap uji coba. Sampai dengan 4 Oktober 2019, perkembangan pembangunan LRT Jabodebek Tahap I telah mencapai 66,13%. [dan/cnbcindonesia.com]