press enter to search

Sabtu, 23/11/2019 05:19 WIB

Bamsoet: SBY Bersedia Hadir di Pelantikan Jokowi

Redaksi | Rabu, 16/10/2019 22:01 WIB
Bamsoet: SBY Bersedia Hadir di Pelantikan Jokowi Pimpinan MPR mengantarkan undangan acara pelantikan presiden-wakil presiden kepada SBY. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mengatakan bahwa Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersedia menghadiri acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo-Ma`ruf Amin, Minggu (20/10).

"SBY menyatakan kesediaannya untuk hadir dalam acara pelantikan presiden dan wakil presiden hasil Pemilu 2019," kata Bamsoet usai mengantarkan undangan acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 di kediaman SBY, Cikeas, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (16/10).

Dia menyampaikan bahwa Indonesia saat ini tinggal memiliki dua mantan presiden yang masih hidup yakni SBY dan Megawati Soekarnoputri.

Menurutnya, kehadiran SBY dan Megawati akan memberikan keteduhan bagi situasi politik di Indonesia serta memberikan pesan yang baik untuk kepemimpinan Jokowi-Ma`ruf lima tahun mendatang.

"Kehadiran beliau-beliau nanti tentu akan memberikan keteduhan bagi perpolitikan Tanah Air dan memberikan pesan yang baik kepada kepemimpinan Jokowi dan Ma`ruf Amin," ucap politikus Partai Golkar itu.

Rombongan pimpinan MPR mulai tiba di kediaman SBY sejak pukul 19:40 WIB. Selain Bamsoet sosok lain yang terlihat hadir adalah Ahmad Muzani, Arsul Sani, Syariefuddin Hasan, Hidayat Nur Wahid, dan Jazilul Fawaid yang seluruhnya menjabat sebagai Wakil Ketua MPR.

SBY dan Bamsoet tampak kompak mengenakan batik berwarna biru. Hal tersebut sempat diucapkan oleh Bamsoet kepada SBY. "Ini sudah sama birunya," ucap Bamsoet saat bersalaman dengan SBY.

Menanggapi, SBY kemudian mengartikan bahwa makna dari warna biru dalam pakaian yang mereka kenakan adalah damai. "Biru itu artinya damai, peace" ujar SBY.

Sejumlah pimpinan MPR melakukan safari ke sejumlah tokoh untuk menyampaikan undangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Pagi ini, sekitar pukul 10.00 WIB Bambang dan sejumlah wakil MPR akan menyambangi Istana untuk menyampaikan undangan ke Jokowi.

Sebelumnya, undangan juga disampaikan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden Terpilih Ma`ruf Amin, hingga pasangan calon presiden di Pilpres 2019, Prabowo-Sandiaga Uno. (ds/sumber CNN)