press enter to search

Jum'at, 22/11/2019 02:15 WIB

Bergerak ke Istana, Mahasiswa Pendemo Jokowi Dihadang Polwan Berhijab

Redaksi | Kamis, 17/10/2019 17:03 WIB
Bergerak ke Istana, Mahasiswa Pendemo Jokowi Dihadang Polwan Berhijab Puluhan Polwan Asmaul Husna membuat barikade halau demo mahasiswa di Istana Merdeka. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Puluhan personel polisi wanita atau Polwan membuat barikade pengamanan untuk menghadang mahasiswa yang ingin bergerak menuju Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019). Para polwan yang kompak mengenakan hijab itu diketahui merupakan pasukan Asmaul Husna.

Sejumlah mahasiswa awalnya menggelar aksi demonstrasi di depan Patung Kuda. Kemudian mereka bergerak menuju Istana Merdeka namun dihalau oleh barikade Polwan yang bersiaga di depan Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Sementara itu, di belakang barikade Polwan tampak terbentang pembatas jalan dari kawat berduri. Sejumlah personel polisi juga turut bersiaga di balik pembatas jalan kawat berduri.

Untuk diketahui, sejumlah mahasiswa mulai menggelar aksi demonstrasi di depan Patung Kuda, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019). Mereka mendesak Presiden Joko Widodo untuk mengeluarkan Perppu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pantauan suara.com puluhan mahasiswa tersebut tiba di lokasi sekitar pukul 14:10 WIB. Mereka tampak membawa poster bertuliskan `Jangan Tahan Idealisme Kami`, `Mana Janjimu`, dan `KPK Almarhum, DPR Tersenyum`.

Koordinator BEM SI wilayah Jabodetabek-Banten, Muhammad Abdul Basit alias Abbas menyampaikan bahwa tuntutan mahasiswa yakni mendesak Jokowi untuk menerbitkan Perppu KPK.

Mereka berharap Jokowi dapat bertindak tegas dengan menerbitkan Perppu KPK sebagai bentuk keberpihakan terhadap rakyat.

"Maka dari itu kami ingin menegaskan untuk menuntaskan reformasi dan mendesak Pak Jokowi untuk menuntaskan Perppu," tegasnya. (ds/sumber suara.com)