press enter to search

Rabu, 13/11/2019 19:35 WIB

Perpisahan Jokowi-JK dan Menteri Kabinet Kerja

Redaksi | Jum'at, 18/10/2019 17:08 WIB
Perpisahan Jokowi-JK dan Menteri Kabinet Kerja Acara perpisahan kabinet Jokowi. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Masa pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla (JK) akan segera berakhir. Jokowi akan melanjutkan kepemimpinannya bersama Wapres terpilih Ma`ruf Amin, sementara JK purna tugas.

Bukan hanya itu, Jokowi akan merombak struktur Kabinet Kerja. Ada menteri yang dipertahankan, namun ada juga lengser dan digantikan dengan wajah baru.

Menjelang pelantikan, Jokowi pun mengadakan acara perpisahan dengan JK dan jajaran menteri Kabinet Kerja yang selama lima tahun ini membantunya. Perpisahan ini digelar di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Kompak mengenakan baju batik, Jokowi dan JK mengajak para menteri berfoto bersama di tangga Halaman Istana Merdeka. Ada pula Ibu Negara Iriana Jokowi dan Mufidah Jusuf Kalla di sana.

Setelah bersama menteri, Jokowi dan JK lalu berfoto bersama staf khusus presiden dan tak lupa dengan awak media.

Acara kemudian dilanjutkan dengan makan-makan di Istana Negara. Seperti diketahui, Jokowi-Ma`ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR, Minggu 20 Oktober mendatang.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menyebut acara pelantikan akan dilakukan pukul 14:30 WIB.

Lima tahun bekerja bareng jajarannya, tidak menjamin Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenal sosok menterinya secara menyeluruh. Jokowi mengaku baru tahu bakat-bakat terpendam jajarannya.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam silaturahmi dengan Kabinet Kerja 2014-2019. Jokowi sempat berfoto dengan jajarannya. Acara makan siang dilanjutkan dan berlangsung tertutup.

"Lima tahun sudah kita bekerja dan betul-betul lima tahun adalah sebuah waktu yang sangat cepat sekali kelihatan sangat pendek sekali, sehingga saya banyak belum mengenal bapak ibu menteri. (Kalau) bapak wapres saya kenal betul karena sering berjalan bersama," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019).

Jokowi mengaku baru tahu bahwa Mendikbud Muhadjir Effendy bisa menyanyi. Yang Jokowi tahu, Muhadjir maju ke panggung untuk mengaji.

"Saya pikir Prof Muhadjir tadi naik pentas mau ngaji. Ternyata langsung nyanyi, saya baru dengar beliau sangat menghayati lagunya. Sangat menghayati sekali. Jadi sangat rugi, grup band-nya Pak Bas, Elek Yo Band, nggak menampilkan Pak Muhadjir," ujar Jokowi.

Jokowi juga baru tahu jika Kapolri Jenderal Tito Karnavian bisa bernyanyi. Ia membandingkan suara Tito dengan Paul Anka, penyanyi berkebangsaan Kanada.

"Kedua, saya kaget Pak Tito. Suaranya kalau saya disuruh milih, Pak Tito atau Paul Anka, saya pilih Paul Anka. Namun suara Pak Tito bagus sekali, meskipun kalah dikit dengan Paul Anka. Namun suaranya hampir mirip-mirip," katanya. (ds/sumber CNN/detik)