press enter to search

Rabu, 11/12/2019 02:13 WIB

Cara Sederhana Kurangi Sampah Plastik

Dahlia | Selasa, 29/10/2019 18:59 WIB
Cara Sederhana Kurangi Sampah Plastik Foto: ilustrasi

Jakarta (aksi.id) - Cara mengurangi sampah plastik adalah salah satu metode yang penting diketahui manusia di era modern. Penelitian mengungkapkan bahwa ada jutaan ton plastik mengambang di lautan setiap tahunnya. 

Hal tersebut jelas berdampak pada pencemaran air, mengancam kehidupan binatang dan alam, serta akan membawa hal buruk pada kesehatan manusia.

Harus diakui, masih banyak yang salah dalam mengelola sampah plastik. Membakar sampah plastik akan menimbulkan racun dan pencemaran udara, sementara menimbun sampah plastik juga akan mencemari tanah. 

Apalagi, beberapa dari kita mungkin masih sering menggunakan botol, sedotan dan kantong plastik hanya untuk beberapa jam saja. Padahal, barang-barang olahan plastik seperti itu memerlukan waktu lama untuk terurai dan menyumbang cukup besar bagi pencemaran sampah plastik di lingkungan sekitar. 

Pilihan paling mudah, kita harus mulai mengurangi penggunaan plastik agar membawa dampak positif pada kesehatan dan kelestarian lingkungan sekitar. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mudah mengurangi penggunaan plastik:

Membawa Botol Minuman Sendiri

Cara Mudah Kurangi Sampah Plastik Agar tidak membeli minuman dalam botol atau plastik, bawalah tumbler saat berpergian. (Istockphoto/whyframestudio)


Selalu bawa botol minuman sendiri ketika bepergian. Hal ini untuk menghindari anda membeli minuman dalam botol atau gelas plastik. Dengan begitu, sampah plastik pun dapat berkurang.


Beli Es Krim Cone

Cara Mudah Kurangi Sampah Plastik Ketimbang membeli es krim berwadah plastik, lebih baik memilih es krim yang memiliki cone. (CNN Indonesia/Claudea Novitasari)


Setiap membeli es krim, pilihlah dengan cone, dibanding yang menggunakan gelas plastik. Dengan membeli es krim cone anda tidak akan meninggalkan sampah. 

Batasi Pembelian Lewat Online

Cara Mudah Kurangi Sampah Plastik Barang-barang yang dijual di pasar perdagangan online acap kali dibungkus secara berlebihan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)


Barang-barang yang dikirim ke rumah anda, terkadang dibungkus dengan plastik. Salah satu cara untuk mengurangi penggunaan plastik adalah dengan membatasi pembelian online. 

Anda bisa membeli kebutuhan di toko terdekat lalu membawanya dengan tote bag tanpa kantung plastik.

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Jika anda pergi berlibur ke pantai, pastikan tidak ada sampah plastik yang tertinggal di sana. Sampah plastik yang mengapung di lautan dapat membahayakan kehidupan hewan di sana. 

Tentunya tidak hanya di pantai saja, namun dimana pun anda bepergian anda harus tetap menjaga lingkungan dan jangan membuang sampah sembarangan.

Daur Ulang

Cara Mudah Kurangi Sampah Plastik Memang tidak semua benda bisa didaur ulang, tapi beberapa bisa dikreasikan menjadi barang baru. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)


Tidak semua plastik bisa didaur ulang. Namun, beberapa barang, seperti botol minuman dan pot tanaman dapat dilakukan proses recycle. Kreasikan sampah plastik menjadi hiasan atau barang lain yang dibutuhkan di rumah.


Berpikir Ulang Sebelum Membeli


Cara Mudah Kurangi Sampah Plastik Sebelum membeli barang-barang dengan bahan pembungkus sekali pakai seperti air mineral, berpikir ulanglah. (congerdesign/Pixabay)


Pikirkan masak-masak daftar belanja anda dan hindari membeli produk plastik sekali pakai seperti pada air mineral botol. Hindari pula buah dan sayur dalam kemasan dan beralih ke bagian sayuran segar.

Gunakan Tas Belanja Kokoh

Tas plastik belanja sangat mudah untuk diganti dan mudah hancur. Tak hanya itu, tas plastik juga merusak lingkungan. 

Gunakan tas pengganti yang kokoh kemudian simpan di mobil atau tas sehari-hari anda agar siap digunakan setiap saat, seperti tas tote bag.

Memasak untuk diri sendiri


Cara Mudah Kurangi Sampah Plastik Ketimbang membeli makanan siap saji, lebih baik memasak sendiri di rumah untuk mengurangi plastik kemasan. (Picjumbo/Viktor Hanacek)


Saat memasak di rumah dengan bahan segar, hindari makan makanan siap saji dan kemasan yang menggunakan plastik. Hal ini akan mengurangi konsumsi plastik, menghemat pengeluaran, dan juga lebih sehat untuk tubuh anda.

Kurangi penggunaan sedotan


Cara Mudah Kurangi Sampah Plastik Kurangi penggunaan sedotan plastik dan gunakan yang bisa didaur ulang. (Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)


Sedotan berbahan plastik mulai dilarang secara perlahan di restoran di seluruh dunia. 

Ganti dengan sedotan kertas yang bisa didaur ulang atau gunakan sedotan logam dan kaca yang bisa dicuci dan digunakan kembali. (Lia/sumber:cnnindonesia)