press enter to search

Rabu, 11/12/2019 19:08 WIB

Balitbanghub Sosialisasikan Hasil Studi Konsep Transportasi Ibu Kota Negara

Dahlia | Jum'at, 01/11/2019 12:49 WIB
Balitbanghub Sosialisasikan Hasil Studi Konsep Transportasi Ibu Kota Negara Foto: istimewa

BALIKPAPAN (aksi.id) – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan (Balitbanghub) menyosialisasikan sekaligus mengkoordinasikan usulan konsep transportasi Ibu Kota Negara (IKN).

Rapat koordinasi dan sosialisasi konsep bertajuk “Smart City, Smart Mobility, Eco Friendly Tansportation System” di Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan, Kalimantan Timur, itu dipimpin Kapuslitbang Angkutan Multimoda Balitbanghub M Yugi Hartiman, Jumat (1/11/2019).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Jalan dan Perkeretaapian Balitbanghub Baitul Ikhwan, perwakilan dari Ditjen Perkeretaapian, Ditjen Hubdat, Ditjen Perhubungan Udara, Ditjen Perhubungan Laut, PT Angkasa Pura I, PT Jasa Marga, Universitas Hasanuddin dan pengamat transportasi dari Umiversitas Soegijapranata Djoko Setijowarno.

101201992037

101201993024

Selain itu, hadir pula pejabat dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balikpapan, Samarinda, Pemkab Paser, Paser Utara, Penajam, Kutai Kartanegara dan lainnya. Bahkan hadir pula perwakilan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Usulan konsep ini, kami sosialisasikan untuk.mendapatkan pengayaan dari stake holder, sehingga menjadi konsep, yang dapat diimplementasikan, terutama di kawasan Ibu Kota Negara san sekitarnya,” tutur Yugi Hartiman.

Dia juga menuturkan konsep hasil studi ini membutuhkan pengayaan informasi, sehingga dapat terjadi harmonisasi dengan Rencana Tata Ruang Wilayah dan masterplane sekaligus kebutuhan daerah.

Sosialisasi itu diwarnai berbagai pemaparan sekaligus masukan tentang infrastruktur transportasi eksisting. Diskusi hangat pun berlangsung. (awe).