press enter to search

Rabu, 11/12/2019 01:31 WIB

Balitbanghub: Perlu Dibangun VVIP Airport dan Jaringan KA Bandara di Ibu Kota Baru Negara

Dahlia | Jum'at, 01/11/2019 13:00 WIB
Balitbanghub: Perlu Dibangun VVIP Airport dan Jaringan KA Bandara di Ibu Kota Baru Negara Foto: istimewa

BALIKPAPAN (aksi.id) – Ada rekomendasi pembangunan VVIP Airport dan KA bandara dalam usulan konsep transportasi Ibu Kota Negara (IKN) baru hasil studi Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan (Balitbanghub).

Rekomendasi itu diketahui saat rapat koordinasi dan sosialisasi konsep bertajuk “Smart City, Smart Mobility” di Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (1/11/2019), diimpin Kapuslitbang Angkutan Multimoda Balitbanghub M Yugi Hartiman, Jumat (1/11/2019).

101201993143

Bandara VVIP itu dibutuhkan untuk melayani tamu negara dan private jet. Jaraknya 15-20 kilometer dari pusat pemerintahan.

Dengan VVIP Airport itu maka kelak ada tiga bandara utama di Kalimantan Timur. Eksisting ada Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, dan Bandara Aji Pangeran Tumenggunh Pranoto di Banjarmasin.

Dalam multi airport system sebagai bagian dari eco integrated transportation, Bandara Sepinggan menjadi menjadi international main hub, sedangkan Bandara Banjarmasin sebagai domestic airport.

Untuk bandara di Balikpapan, yang memiliki panjang runway 3.250 X 60 meter dan berkapasitas terminal 30 juta penumpang/tahun perlu dilengkapi dengan jaringan KA bandara.

Selain itu, bandara kelolaan PT Angkasa Pura I itu juga perlu terkoneksi dengan jalan tol. (awe).