press enter to search

Rabu, 11/12/2019 01:32 WIB

Sabtu Pagi, Tim Balitbanghub Tinjau Pelabuhan Semayang Balikpapan

Dahlia | Sabtu, 02/11/2019 10:03 WIB
Sabtu Pagi, Tim Balitbanghub Tinjau Pelabuhan Semayang Balikpapan Tim Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan (Balitbanghub) mengunjungi Terminal Peti Kemas Kariangau, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (2/11/2019) pagi.

BALIKPAPAN (aksi.id) – Tim Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan (Balitbanghub) mengunjungi Terminal Peti Kemas Kariangau, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (2/11/2019) pagi.

Kunjungan itu merupakan tindak lanjut dari hasil studi Balitbanghub tentang konsep transportasi Ibu Kota Negara (IKN) baru,

Kunjungan pada Jumat (1/11/2019) itu dipimpin Kapuslitbang Angkutan Multimoda Balitbanghub M Yugi Hartiman. Ikut serta Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Jalan dan Perkeretaapian Balitbanghub Baitul Ikhwan.

Selain itu, ikut pula pengamat transportasi dari Umiversitas Soegijapranata Djoko Setijowarno, Leny Maryouri dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), serta jurnalis dari beritatrans.com dan aksi.id.

102201994059

102201994124

Pelabuhan Semayang merupakan satu-satunya pelabuhan yang berskala internasional di Kalimantan Timur.

Saat ini hanya memiliki panjang 480 meter, dan dermaga berkapasitas terbatas empat kapal saja.

Sedangkan sekelas pelabuhan ibu kota, pelabuhan Semayang tidak menutup kemungkinan, menjadi salah satu keluar masuknya kapal-kapal berkapasitas lebih besar sehingga pelebaran dan penambahan fasilitas sangat perlu dilakukan.

Dalam menyongsong IKN, pihak PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV sebagai pihak pengelola pelabuhan, mulai menyusun strategi untuk mengatasi persoalan lonjakan logistik dan penumpang kapal.

Salah satunya melakukan kajian dan penambaham fasilitas pelabuhan serta pelebaran area pelabuhan Semayang Balikpapan.

Manager Pelayanan Barang Aneka Usaha dan Tuks PT Pelindo Balikpapan, Fanni Herling mengatakan, saat ini pihaknya tengah merancang strategi untuk melakukan penambahan fasilitas Pelabuhan Semayang.

Kajian fasilitas tersebut meliputi beberapa aspek, salah satunya ketersediaan anggaran pembangunan.

“Persiapan IKN, mau tidak mau kami harus siap, siap dalam artian fasilitas kami harus bisa menunjang lonjakan barang,

yang akan keluar masuk di Balikpapan yang jelas nanti akan ada peningkatan baik dari sisi volume barangnya maupun penumpangnya,” ungkapnya.

Ke Penajam

Dari Pelabuhan Semayang, sebagian tim Balitbanghub berkunjung lapangan di Pulau Balang dan lokasi calon lbu Kota Negara di Desa Telemow (PT. ITCI), Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kunjungan itu menggunakan kapal KPLP, yang dioperasikan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Balikpapan. Sedangkan pulangnya, tim menyusuri jalur darat.(awe).