press enter to search

Jum'at, 15/11/2019 08:02 WIB

Tanggul Irigasi di Banjarnegara Longsor, 1 Orang Tewas

Dahlia | Sabtu, 02/11/2019 16:50 WIB
Tanggul Irigasi di Banjarnegara Longsor, 1 Orang Tewas Foto: istimewa (inews)

Banjarnegara (aksi.id) - Dua rumah di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), tertimbun longsor tanggul irigasi setinggi lima meter, Sabtu (2/11/2019). Tiga orang tertimpa material longsor, satu tewas dan dua lainnya luka-luka.

Longsor terjadi di tanggul irigasi Kelurahan Parakan, Kecamatan Canggah. Material tanah menimbun dua rumah warga milik Tulus (65) dan Darsono (67). Seorang penghuni rumah Winoto (45) yang berprofesi sebagai pedagang tak sempat menyelamatkan diri.

"Saat saya lewat, kondisinya sudah ambruk menimpa dua rumah ini. Ketika saya periksa ada orang yang tertimbun," kata saksi, Nur, di lokasi kejadian, Kabupaten Banjarnegara, Jateng, Sabtu.

Menurut dia, korban langsung mendapat pertolongan warga. Ketika itu, warga yang membantu proses evakuasi mendapati Winoto sudah dalam kondisi tak bernyawa. Sedangkan korban lainnya Darto (50) dan Sabar (30), mengalami luka-luka.

"Mereka langsung dapat pertolongan, dan dibawa ke rumah sakit," ujar dia.

Tim SAR gabungan dari BPBD Banjarnegara, TNI, Polri dan relawan masih terus melakukan evakuasi di lapangan. Area tersebut saat ini dinilai rawan, karena berpotensi terjadi pergerakan tanah sewaktu-waktu.

BPBD mengimbau warga yang tinggal di lokasi tersebut mengungsi sementara, karena selain sudah memasuki musim penghujan, danya kebocoran pada saluran irigasi dapat memicu terjadinya longsor susulan. (Lia/sumber:inews)