press enter to search

Senin, 09/12/2019 07:12 WIB

Jelang Balapan, Valentino Rossi Turut Heningkan Cipta untuk Afridza

Dahlia | Minggu, 03/11/2019 13:35 WIB
Jelang Balapan, Valentino Rossi Turut Heningkan Cipta untuk Afridza Valentino Rossi (foto:ist)

Jakarta, (aksi.id) - Jelang balapan MotoGP Malaysia 2019, seluruh pebalap termasuk Valentino Rossi turut mengheningkan cipta untuk Afridza Munadar yang meninggal dunia seelah kecelakaan dinSirkuit Seoang, Malaysia, Sabtu (2/11).

Pihak penyelenggara balapan memang sudah memastikan akan ada one minute silence jelang balapan kedua Asia Talent Cup seri Malaysia yang berlangsung Minggu (3/11) siang.

Di starting grid Sirkuit Sepang, para pebalap dan ofisial ATC rapi berbaris untuk melakukan mengheningkan cipta untuk pebalap asal Indonesia itu. Selain para pebalap ATC, terdapat pula para pebalap dari kelas Moto3, Moto2, dan MotoGP.

Dalam prosesi tersebut, pihak penyelenggara kembali menyampaikan rasa duka cita kepada keluarga dan orang-orang tersayang yang ditinggalkan Afridza. Selain itu panitia juga mengajak serta para penonton untuk turut mengheningkan cipta.

Jelang Balapan, Rossi Turut Mengheningkan Cipta untuk AfridzaAfridza Munandar meninggal setelah mengalami kecelakaan di balapan pertama ATC Malaysia 2019. (Dok. Honda)

Marc Marquez dan Valentino Rossi pun terlihat dalam barisan para pebalap tersebut. Setelah mengheningkan cipta selama satu menit, Rossi terlihat sebagai pebalap pertama yang keluar dari barisan menuju paddock.

Motor bernomor empat dan helm replika yang digunakan Afridza juga turut dipajang bersama poster dengan gambar muka pebalap 20 tahun tersebut.

Beberapa pebalap ATC terlihat terpukul dengan kabar duka dari rekan sekaligus rival mereka pada balapan pertama ATC di Malaysia. 

Afridza mengalami insiden kecelakaan dengan pebalap Jepang Shinji Ogu saat memasuki tikungan ke-10 di lap pertama balapan ATC. Kecelakaan itu membuat bendera merah dikibarkan pertanda dihentikannya balapan.

Pebalap berusia 20 tahun itu lantas dapat penanganan medis pertama kali di sisi lintasan. Tak berselang lama, ia dilarikan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur menggunakan helikopter. Meski cepat mendapatkan penanganan dari petugas medis di lintasan dan saat berada di rumah sakit, nyawa Afridza tidak tertolong.

Sesaat setelah kecelakaan Afridza pada balapan pertama, pihak ATC sempat menggulirkan wacana untuk membatalkan balapan kedua yang akan digelar Minggu (3/11) siang. Namun setelah berbicara dengan para pebalap, race kedua bakal tetap berlangsung. Kendati demikian pihak ATC memberi dukungan dan memaklumi jika ada beberapa pebalap yang memilih tidak mengikuti balapan kedua.











Sementara balapan MotoGP Malaysia 2019 bakal dimulai pada pukul 15.00 waktu setempat atau pukul 14.00 waktu Indonesia barat.

Live streaming balapan MotoGP Malaysia 2019, Minggu (3/11), dapat disaksikan di CNNIndonesia.com. Sementara siaran langsung MotoGP Malaysia 2019 dapat diikuti di Trans7. (Lia/sumber:cnnindonesia)