press enter to search

Kamis, 28/03/2024 16:17 WIB

Gempa 5.0 SR Guncang Laut Seram Maluku

Redaksi | Selasa, 05/11/2019 10:38 WIB
Gempa 5.0 SR Guncang Laut Seram Maluku Gempa Laut Seram Maluku. (ist)

AMBON (Aksi.id) - Gempa bumi berkekuatan 5.0 skala richter (SR) mengguncang di laut Seram, Maluku pada Senin, (4/11) malam pukul 23:25 WIB tidak berpotensi terjadinya gelombang pasang atau tsunami.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,0, episenternya terletak pada koordinat 2.88 LS dan 127.79 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 48 Km arah Barat Laut Kota Piru, Kabupaten SBB pada kedalaman 13 Km," kata Kepala Kepala seksi Data dan Informasi BMKG pusat gempa regional IX Ambon, Andi Azhar Rusdin di Ambon, Selasa (5/11).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa tektonik yang dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Menurut dia, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip fault).

Untuk masalah dampak gempa tersebut, guncangan ini dirasakan di daerah Piru IV MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Dan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," tegas Andi.

Hingga posisi Selasa, (5/11) 2019 pukul 00:08 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, perlu menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," ujarnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/ Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews. bmkg.go.id).

Masyarakat juga bisa mendapatkan infiormasi melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user: pemda, pwd: pemda-bmkg) atau infobmkg. (ds/sumber antara)