press enter to search

Senin, 16/12/2019 13:19 WIB

Walikota Jakarta Pusat Resmikan 4 Lokasi RPTRA

Dahlia | Kamis, 14/11/2019 22:37 WIB
Walikota Jakarta Pusat Resmikan 4 Lokasi RPTRA Walikota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara meresmikan empat Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), Kamis (14/11/2019).

Jakarta (aksi.id) - Walikota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara meresmikan empat Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), Kamis (14/11/2019). Peresmian tersebut secara simbolis di tandai dengan penandatanganan prasasti RPTRA yang berlangsung di RPTRA Planet Senen, jalan Pasar Senen Dalam VIII, Kel. Senen, Senen Jakarta Pusat yang ikut diresmikan juga.


RPTRA Planet Senen di bangun diatas tanah seluas 951 meter persegi dan lahan ini merupakan asset milik Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. RPTRA ini diisi dengan berbagai fasilitas.
Peresmian empat RPTRA ini dihadiri Ketua Tim PKK Jakarta Pusat, Sinthya Ayuningrum Meghantara, Sekretaris Kota, Iqbal Akabarudin dan Asisten Kesra, M. Fahmi.


Walikota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengatakan pembangunan RPTRA Planet Senen berbeda dengan RPTRA lainnya yang ada di wilayah Jakarta Pusat. Pembangunan RPTRA Planet Senen bernuansa budaya Betawi mengingat lokasi ini kawasan yang sudah cukup tua sekaligus melestarikan budaya Betawi, jelasnya.


Menurut Bayu, peresmian di wilayah Jakarta Pusat ada 4 RPTRA salah satunya RPTRA Planet Senen. Nama Planet Senen itupun diinisiasi oleh warga, mereka yang memberi nama ini karena berada di kawasan penduduk yang berlokasi di RW.04, ujarnya.

RPTRA ini dibangun untuk pemenuhan ruang hak atas anak menjadi tempat ruang bermain, berinteraksi tidak hanya anak-anak tetapi juga bagi lansia juga dapat memanfaatkan RPTRA ini. Dan sudah di lengkapi berbagai fasilitas seperti lapangan Futsal, lapangan bulu tangkis, jogging track, arena bermain anak-anak, area refleksi, ruang pertemuan, ruang laktasi/menyusui, perpustakaan dan lain sebagainya, papar Bayu.


Walikota berharap pembangunan RPTRA ini dapat dimanfaatkan untuk membangun tali silaturahmi antar warga masyarakat. Untuk itu Bayu minta RPTRA ini supaya di jaga dan di rawat agar bisa dimanfaatkan warga yang cukup lama, tandasnya.


“ Sesuai dengan tujuan RPTRA, sebagai wadah warga masyarakat untuk bersilaturahmi, berinteraksi dan olahraga agar terbangun jiwa kompetitip, “ kata Bayu.


Ka.Sudin Perumahan dan Pemugaran Jakarta Pusat, M. Yahya menambahkan Pembangunan empat RPTRA di wilayah Jakarta Pusat di bangun sejak pertengahan Mei.

Adapun lokasi ke empat RPTRA tahun 2019 yaitu RPTRA Planet Senen diatas tanah seluas 951 m2 tanah milik asset Dinas Lingkungan Hidup, RPTRA AN Nur Kel.Paseban dengan luas tanah 334 m2 lahan fasos fasum, RPTRA Rawasari Ceria Kel. Rawasari luas 510 m2 lahan milik Dinas Kehutanan dan RPTRA Matahari Kel.Cempaka Putih Timur luasnya 475 m2 lahan asset milik Pemkot Jakpus/kelurahan. Semua pembangunan RPTRA menggunakan biaya APBD dan diliengkapi berbagai fasilitas, kata Yahya. (Lia)