press enter to search

Senin, 09/12/2019 06:20 WIB

Balitbanghub Gelar FGD Pengembangan Layanan Pengujian Kesehatan Personel Penerbangan

Dahlia | Jum'at, 22/11/2019 14:08 WIB
Balitbanghub Gelar FGD Pengembangan Layanan Pengujian Kesehatan Personel Penerbangan Foto: istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Blitbanghub) sangat konsen akan kesehatan personel penerbangan. Untuknya digelar Focus Grup Discussion (FGD) Pengembangan Layanan Penyelenggaraan Pengujian Kesehatan Personel Penerbangan di Wilayah Indonesia di Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Kepala Balitbanghub Sugihardjo mengemukakan, dalam melaksanakan pelayanan pengujian kesehatan personel penerbangan perlu dilihat dari dua aspek utama.

“Aspek prosedur dan aspek pelaksanaan yang perlu diperhatikan,” ujar Sugihardjo.

Pada aspek prosedur maka agar sama-sama evaluasi kalau prosedur sebagaimana diatur, personel lisensi.

Ada ketentuan bahwa semua pelaku penerbangan diwajibkan melakukan regular medical check up.

“Misalnya saja yang memiliki risiko paling tinggi dan tanggung jawab tertinggi, maka enam bulan sekali pemeriksaannya sedangkan untuk awak dengan risiko berikutnya maka dilakukan satu tahun sekali,” ungkapnya.

Sedangkan berdasarkan aspek pelaksaaan maka penyediaan personel dokter penerbangan harus menjadi perhatian dengan kualitas yang mumpuni.

IMG_20191122_092820

Kepala Pusat Penelitian dan Pengenbangan Transportasi Udara M. Alwi menyebutkan bahwa tujuan pelaksanaan FGD ini adalah guna mendapat masukan dari berbagai pihak guna mengetahui lebih jauh terkait penyelenggaraan pelayanan kesehatan penerbangan.

“FGD dihadiri 75 peserta dengan lima pembicara dan delapan pembahas,” kata Alwi. (omy)

Keyword Balitbanghub