press enter to search

Senin, 20/01/2020 07:05 WIB

Balitbanghub Gelar Desiminasi dan Penyerahan Hasil Penelitian Antarmoda

Dahlia | Rabu, 27/11/2019 18:39 WIB
Balitbanghub Gelar Desiminasi dan Penyerahan Hasil Penelitian Antarmoda Foto: Instagram Balitbanghub

JAKARTA (aksi.id) – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) gelar Desiminasi dan Penyerahan Hasil Penelitian Transportasi Antarmoda.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Antamoda M. Yugihatiman menyampaikan, indikator utama dari penelitian yang sukses adalah hasilnya dapat diterapkan.

“Hasil aplikasinya baik secara langsung atau tidak langsung dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas atau keberlanjutan. Secara jelas, hasil akhir suatu penelitian harus dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitarnya. Oleh karena itu, hasil penelitian harus didiseminasikan kepada masyarakat dan stakeholder terkait,” tutur Yugihartiman di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Untuk menghasilkan dampak yang berarti, hasil temuan suatu penelitian harus diketahui oleh masyarakat, baik secara spesifik dalam kelompok tertentu maupun kepada kalangan umum.  Hal ini mendorong kebutuhan akan diseminasi penelitian. Diseminasi dapat diartikan sebagai penyebarluasan ide atau gagasan kepada khalayak, biasanya kepada kelompok tertentu seperti sesama akademisi, pengamat, juga masyarakat yang membutuhkan.

Penelitian yang dilakukan oleh Balitbanghub kata dia dilaksanakan berdasarkan usulan dari stakelder terkait. Selain itu, peelitian juga dilaksanakan untuk menjawab tantangan dan isu-isu strategis pemerintah, kementerian, lembaga, maupun masyarakat.

“Untuk itu, penelitian yang dilaksanakan ini, diharapkan mampu menghasilkan suatu temuan yang selain bermanfaat dalam memperluas khasanah ilmu pengetahuan, juga dapat dipergunakan untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia serta menjawab tantangan kebutuhan transportasi saat ini dan dimasa yang akan datang,” ungkap dia.

Secara umum, publikasi ilmiah merupakan bentuk diseminasi yang biasa dihasilkan oleh institusi atau lembaga penelitian. Namun sesuai dengan ragam pengguna hasil litbang, maka temuan Iptek perlu dikemas dan disebarluaskan dengan berbagai strategi, bentuk dan media diseminasi, sehingga temuan litbang tidak hanya dinikmati oleh para scientist saja, tetapi juga harus dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan, baik pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat luas.

Setelah publikasi, dilanjutkan dengan serah terima hasil studi dan penandatanganan Berita Acara Serah Terima kepada stakeholder terkait dengan kegiatan studi.

“Diharapkan diseminasi hasil studi dan serah terima studi kepada stakeholder terkait, dapat meningkatkan pemanfaatan hasil studi Puslitbang Tansportasi Antarmoda, Balitbanghub. Selain itu, hasil studi diharapkan dapat diaplikasikan untuk peningkatan pelayanan transportasi antarmoda di Indonesia,” pungkas Yugihartiman. (Omy)

Keyword Balitbanghub