press enter to search

Jum'at, 07/08/2020 21:42 WIB

Balitbanghub Optimistis Kapal MCB Segera Terealisasi

Dahlia | Kamis, 28/11/2019 13:58 WIB
Balitbanghub Optimistis Kapal MCB Segera Terealisasi Focus Group Discussion (FGD) “Strategi Penyelenggaraan Transportasi Laut Bersubsidi Bagi Daerah 3 TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan” di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

JAKARTA (aksi.id) – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) optimistis Motorized Container Barge (MCB) segera terealialisasi.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan Capt. Sahattua Simatupang menyampaikan, optimisme itu bukan tanpa alasan, karena tahun depan prototype-nya sudah akan dibuat.

“Selanjutnya akan diuji coba untuk mengetahui performa MCB dalam pengangkutan,” ujar Capt. Sahattua dalam Focus Group Discussion (FGD) “Strategi Penyelenggaraan Transportasi Laut Bersubsidi Bagi Daerah 3 TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan” di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

MCB dinilai dapat menunjang angkutan laut bersubsidi. Kondisi yang diharapkan adalah adanya optimalisasi konekrivitas pelabuhan T3 dan pengumpul.

Selain itu juga biaya transportasi laut dan logistis yang memadai serta disparitas harga antara wilayah barat dan timur dapat dikurangi.

Dari Paparan Peneliti Johny Malisan berjudul
“Kebutuhan Kapal Motorized Container Barge (MCB) Untuk Mendukung Angkutan Laut Bersubsidi”, disebutkan kondisi yang ada saat ini perlu diubah.

“Saat ini konektivitas pelabuhan TP3 dan pengumpul belum optimal terwujud, biaya transportasi dan logistik masih mahal, dan disparitas harga masih tinggi,” ujar Jhony.

Karakteristik wilayah propinsi kepulauan memiliki banyak gugusan pulau sehingga memerlukan kapal feeder untuk memperlancar distribusi kebutuhan poko masyarakat sampai ke daerah pelosok.

MCB dapat dioperasikan untuk kebutuhan tersebut dan diharapkan dapat mengurangi biaya transportasi laut dan logistik yang tinggi.

“Dalam mendesain kebutuhan kapal MCB dan landing craft cargo ini mengutamakan penggunaan komponen dalam negeri,” ungkap dia. (omy)

Keyword Balitbanghub