press enter to search

Senin, 03/08/2020 18:51 WIB

Kursi Prioritas di KRL Butuh Empati

Dahlia | Minggu, 08/12/2019 14:39 WIB
Kursi Prioritas di KRL Butuh Empati Foto: istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Kursi prioritas KRL diperuntukkan bagi orang lanjut usia (lansia), wanita hamil, disabilitas dan ibu yang sedang membawa anak, Namun pada praktiknya, kursi-kursi tersebut justru diduduki oleh orang tak berhak.

Untuk ibu hamil bahkan ada kewajiban mendapatkan tempat duduk, tak hanya di kursi prioritas.

Rangkaian gerbong yang kerap padat disesaki para pengunanya, sering melalaikan mata dan hati untuk memberikan rasa empati terhadap orang-orang yang sebenarnya harus mendapatkan kursi prioritas tersebut.

IMG_20191208_132529

1182019132127

BeritaTrans.com dan Aksi.id mencatat manajemen PT Kereta Commuter Indonesia telah menyediakan kursi khusus yang berada bagian di ujung depan dan belakang setiap rangkaian gerbong juga memasang penanda berupa stiker di bagian kursi-kursi yang merupakan kursi prioritas.

Ada juga alasan pelanggar yang melihat kondisi gerbong yang masih kosong sampai dan masih tidak ada penumpang prioritas. Di antara mereka, bahkan ada yang pura-pura tertidur pulas pada kursi itu.

IMG_20191208_132555

Petugas sudah mengingatkan berulang kali melalui pengeras suara agar memperhatikan tempat duduk prioritas kepada orang yang lebih membutuhkan tempat tersebut.

Petugas pada gerbong juga kerap meminta penumpang yang tak berhak untuk duduk di kursi yang bukan prioritas untuk merelakan kursinya apabila melihat ada orang yang lebih berhak mengunakannya.

Petugas juga akan memberikan sanksi keras berupa pengusiran dengan menurunkan penumpang kereta di stasiun terdekat apabila tetap ada yang tak taat aturan.

“Penumpang yang tidak taat termasuk tidak memberikan tempat duduk prioritas kepada penumpang yang lebih membutuhkan, akan segera diturunkan di stasiun terdekat,” ungkap Panji (31), petugas yang sedang melakukan pengecekan di stasiun, Sabtu (7/12/2019).

Selain upaya petugas, sebenarnya penumpang juga seharusnya memiliki inisiatif sendiri agar menaati aturan untuk tidak duduk di kursi prioritas.

(fahmi).

Keyword KRL