press enter to search

Jum'at, 07/08/2020 21:58 WIB

Apel Khusus, Komandan Lantamal V Buka Pelaksanaan Bulan Trisila TNI AL 2019

Redaksi | Senin, 09/12/2019 14:47 WIB
Apel Khusus, Komandan Lantamal V Buka Pelaksanaan Bulan Trisila TNI AL 2019

Surabaya (Aksi.id) --- Dalam gelaran Apel Khusus, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal V) Laksma TNI Tedjo Sukmono, S.H.,CHRMP membuka kegiatan Bulan Trisila TNI AL di Lantamal V yang digelar di Lapangan Balai Prajurit Lantamal V Achmad Ichsan, Komplek TNI AL Toni Sukaton, Pesapen, Jl. KalianakTimur, Surabaya, Senin (9/12).

Apel Khusus dengan pengambil Apel Dandenma Lantamal V Letkol Marinir Akhmad Yudinato, S.,Pd. Ini, dihadiri Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Jasiman Purba, S. E, para Asisten Danlantamal V, Kafasharkan, Dandenpom, Kakuwil, para Kepala Dinas, perwira staf, prajurit dan PNS Lantamal V lainnya.

"Dengan mengucapkan Bismillahi Rohmannirohim, dengan inoi, pelaksanaan Bulan Trisila TNI AL dalam rangka Hari Dharma Samudera 2020 di Lantamal V mulai tanggal 5 Desember s/15 Januari 2020 dengan ini saya nyatakan resmi dibuka," terang Danlantamal V.

 

 

Menurutnya, Bulan Trisila TNI AL yang mengusung tema "Dilandasi nilai-nilai Trisila TNI AL kita bnagun SDM unggul Prajurit Matra Laut Profesional" ini, sangatlah tepat untuk mengingatkan dan memantapkan kembali jati diri sebagai prajurit pejuang matra laut.

Dalam kegiatan ini lanjutnya, kita akan diingatkan kembali tentang pelaksanakan pembinaan satuan dan pembinaan tradisi yang meliputi pelaksanaan Apel Satuan, pelaksanaan Apel Pagi dan Siang, Upacara Bendera, Tugas Penempatan Penjagaan, PBB, PPM serta Latihan Peran.

"Kata Trisila sendiri, berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti tiga azas atau pedoman dasar yakni disiplin, khirarkhi dan kehormatan militer," terangnya.

Disiplin lanjut Danlantamal V, berarti seluruh nggota TNI AL mentaati segala aturan berdasarkan kesadaran dan pengabdian, kemudian Hirarki artinya anggota TNI AL menempatkan diri dan bertindak sesuai dengan tata urutan kepangkatan, kedudukan dan jabatan di dalam organisasi TNI AL serta Kehormatan Militer memiliki penhertian menjaga nama baik diri, satuan, angkatan dan negara dengan selalu berpikir, bersikap dan berbuat tanpa cela.

Danlantamal V berharap, dengan adanya Bulan Trisila ini, dapat melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, menjadikan momen berharga ini untuk mengetahui, memahami, menghayati dan mengamalan nilai-nilai dari azas azas yang terkandung dalam Trisila TNI AL. (ny/Sumber: Dispen Lantamal V TNI-AL)