press enter to search

Jum'at, 07/08/2020 22:51 WIB

INSA: Industri Pelayaran Tidak Butuh Investasi Asing

Dahlia | Senin, 09/12/2019 15:43 WIB
INSA: Industri Pelayaran Tidak Butuh Investasi Asing Foto: istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Indonesian National Shipowners’ Asosiation (INSA) menyatakan bahwa industri pelayaran tidak membutuhkan investasi asing.

“Industri Pelayaran Nasional tidak memerlukan investasi asing, karena sudah berhasil membangun armada Nasional sendiri,” jelas Ketua INSA Carmelita Hartoto di Rapat Umum Anggota (RUA) ke-17 INSA di Jakarta, Senin (9/12/2019)..

Berbeda dengan investasi asing di bidang infrastruktur yang berdampak positif bagi pembangunan nasional, maka pihaknya mendukung penuh.

Mengapa? Karena investasi asing di sektor lain prinsipnya membawa modal dari negara mereka, membangun sesuatu di Indonesia dan berdampak langsung kepada masyarakat Indonesia.

“Sedangkan bila investasi asing dibuka untuk bidang Pelayaran, hanya merupakan investasi kepemilikan kapal asing berbendera Indonesia. Pendapatan yang mereka peroleh, akan ditarik kembali ke negara investor sebagai pengembalian pinjaman luar negeri mereka, sehingga tidak memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia,” urainya disambut aplus peserta yang mencapai 400 orang.

Malahan kata dia, metode tersebut justru akan menambah defisit neraca jasa transportasi nasional, yang sudah besar akibat transportasi muatan ekspor impor yang selama ini didominasi asing.

Lebih lanjut kata dia, Bank Indonesia dan Bappenas mencatat, pada tahun 2018 defisit neraca jasa transportasi barang sudah mencapai 6.9 miliar dollar.

“Apakah kita menolak inevstasi asing? Tidak juga, karena untuk kapal-kapal kerja tertentu, seperti kapal pengeboran masih dimungkinkan untuk menerima investasi asing, dengan skema kepemilikan PMA yang berbeda dengan PMDN,” imbuh dia.

Untuknya, Csrmeluta yang akrab disapa Meme meminta kepada pemerintah terus berkomitmen menjaga asas cabotage yang merupakan amanat Undang-undang No 17 tahun 2008 tentang Pelayaran.

“Sebagai bentuk kedaulatan negara. INSA akan mendukung dan menjadi garda terdepan dalam menjaga asas cabotage demi kedaulatan negara,” pungkasnya. (omy)

Keyword INSA Pelayaran