press enter to search

Jum'at, 29/03/2024 21:52 WIB

Kontak Senjata dengan KKB di Papua, 2 Anggota TNI Tewas

Redaksi | Rabu, 18/12/2019 14:24 WIB
Kontak Senjata dengan KKB di Papua, 2 Anggota TNI Tewas Anggota TNI di Papua. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Dua anggota TNI Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky tewas saat kontak senjata antara TNI dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

"Kontak tembak yang terjadi pada Selasa (17/12) sekitar pukul 15:30 WIT, dan menyebabkan dua prajurit TNI gugur saat melaksanakan tugas dalam menjamin keamanan warga Papua," kata Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/2).
 
Sus Taibur menjelaskan, Satgas Gakum TNI bersama Polri sebelumnya beberapa kali mendapat informasi dari warga masyarakat Sugapa bahwa warga masyarakat yang sedang melaksanakan persiapan perayaan Natal mendapat gangguan keamanan.

Warga diintimidasi, dan KKB melakukan kekerasan fisik, perampokan, pemerkosaan dan perampasan serta penjarahan harta benda. KKB itu, kata Sus Taibur, diduga adalah pelaku penembakan terhadap tiga tukang ojek pada bulan Oktober 2019.
 
Mendapat laporan itu, Satgas Gakum TNI bersama Polri meningkatkan kegiatan patroli pengamanan di tempat yang diduga menjadi basis kegiatan KKB.

"Untuk melindungi keselamatan dan memberikan rasa aman kepada warga terutama menjelang perayaan Natal," katanya.

Kata Sus Taibur, saat melaksanakan patroli keamanan, terjadi kontak tembak yang mengakibatkan dua prajurit TNI gugur. "Saat ini kedua jenazah dalam proses evakuasi," katanya.

Usai kontak tembak, TNI-Polri terus melakukan pengejaran untuk menangkap kelompok kriminal bersenjata yang melarikan diri ke dalam hutan. (ds/sumber CNN)