press enter to search

Sabtu, 28/11/2020 11:54 WIB

Penumpang KA Menurun, Menhub: Masyarakat Antusias Coba Tol Layang Jakarta-Cikampek

Dahlia | Sabtu, 21/12/2019 23:02 WIB
Penumpang KA Menurun, Menhub: Masyarakat Antusias Coba Tol Layang Jakarta-Cikampek Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

JAKARTA (aksi.id) – Penurunan penumpang kereta api (KA) terjadi pada angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Stasiun Pasarsenen, Sabtu (21/12/2019) memeroleh laporan terdapat jumlah penurunan jumlah penumpang KA sekitar 6-8 persen pada dua hari terakhir di tahun ini, dibandingkan hari yang sama pada tahun lalu.

“Tapi itu untuk penumpang kereta jarak pendek yaitu ke Cirebon, Pekalongan. Tetapi kalau kereta jarak jauh seperti Jakarta-Solo, Jakarta-Jogja tetap padat. kita masih lihat datanya sampai satu minggu kedepan,” jelas Menhub.

Menhub Budi menyatakan penurunan penumpang KA diduga karena antusiasme masyarakat yang ingin mencoba perjalanan melalui tol layang Jakarta – Cikampek.

Dia mengatakan, berdasarkan riset dari Badan Litbang Perhubungan, dari 2.500 responden, 48 persennya mengatakan akan melakukan perjalanan pada saat Libur Nataru menggunakan mobil.

“Masyarakat yang tadinya libur memakai KA sekarang mencoba lewat tol. Kalau lebaran kan yang paling penting sampai langsung di kampung halaman, tetapi kalau sekarang ini liburan. Misalnya tujuan ke Solo, ingin mampir-mampir dulu ke Cirebon, Semarang, dan sebagainya,” urainya. (omy)