press enter to search

Selasa, 29/09/2020 20:11 WIB

Sebelum Berangkat, Penumpang KA Diimbau Memeriksa Kesehatannya di Stasiun

Dahlia | Selasa, 24/12/2019 19:35 WIB
Sebelum Berangkat, Penumpang KA Diimbau Memeriksa Kesehatannya di Stasiun Foto: istimewa

CIREBON (aksi.id) – Penumpang kereta api (KA) diimbau memeriksakan kesehatannya di Stasiun sebelum keberangkatan ke tempat tujuan selama libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

Apalagi bila mereka sudah merasa kurang sehat saat berangkat dari rumah, atau yang sudah lanjut usia, guna terhindar dari hal yang tak diinginkan.

“Berdasarkan Laporan Pusat Data Stasiun, ada kejadian penumpang yang pingsan dan dirujuk ke rumah sakit (gula darah tinggi dan tensi rendah),” jelas Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Transportasi Cris Kuntadi di Stasiun Cirebon, Sabtu (24/12/2019).

Secara umum perjalanan KA dari dan ke Cirebon aman, lancar, dan terkendali. Jumlah perjalanan rata-rata lebih cepat dan tidak ada keberangkatan yang terlambat.

Pam dalam perjalanan kereta sebanyak 47 orang (rata-rata dua orang per KA. Jumlah pengaman tni/polri: 96 (50 + 46) dan ada dua satwa (Anjing).

Secara kumulatif jumlah penumpang (enam hari Nataru) riil 42.193 orang atau turun 6,5% dari program 45.123 penumpang dan turun dari tahun lalu turun 2%.

“Ada kemungkinan penurunan lantaran penumpang pindah ke jalan raya (kendaraan pribadi/bus) karena jalan tol layang Jakarta-Cikampek telah dibuka,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Cris melakukan teleconfrence dengan Kepala Stasiun di wilayah Daerah Operasi (Daop) 3.

“Alhamdulillah dari hasil teleconfrence didapati di Stasiun Brebes, Haurgelis. Jatibarang, dan Prujakan status aman, lancar, dan terkendali,” pungkasnya. (omy)