press enter to search

Kamis, 20/02/2020 17:37 WIB

Hasil Sementara Investigasi Musibah Bus Sriwijaya di Pagaralam, KNKT: Tidak Ada Jejak Pengereman

Dahlia | Kamis, 26/12/2019 13:36 WIB
Hasil Sementara Investigasi Musibah Bus Sriwijaya di Pagaralam, KNKT: Tidak Ada Jejak Pengereman Foto: istimewa

BENGKULU (aksi.id) – Hasil sementara investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) atas musibah kecelakaan bus Sriwijaya yang masuk jurang di Pagaralam, Sumatera Selatan dua hari lalu dipaparkan investigator Wildan.

“Tidak ada jejak pengereman dari bus yang terjatuh ke Jurang,” tutur Wildan bersama Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani di PO Bus Sriwijaya, Bengkulu, Kamis (26/12/2019).

Namun pihaknya belum dapat menyimpulkan apakah karena pengemudi tidak melakukan prosedur pengereman atau terjadi kendala teknis bus.

Penumpang yang selamat saat ditanya, kata dia, menyebutkan bahwa bus saat akan jatuh dalam kondisi kencang. Hanya saja lagi-lagi belum bisa disimpulkan apakah berkecepatam tinggi atau karena meluncur dengan posisi gigi tinggi.

“Karena geometrik jalannya menurun, harusnya meluncur dengan kecepatan rendah,” tuturnya.

Perjalanan yang terlalu lama yakni berangkat sekitar pukul 14.00 WIB namun baru tiba di wilayah Pagaralam tengah malam juga tidaklah ideal.

Setelah diinvestigasi diketahui ada beberapa insiden sebelum kejadian naas tersebut. Pertama tertemper kendaraan jenis MPV dan kedua sempat salah satu rodanya masuk ke drainasi sehingga harus diangkat untuk melanjutkan perjalanan.

“Kami akan menginvestigasi lebih dalam apakah persenling pada posiai tinggi atau rendah, saat bus sudah dapat diangkat dari kedalaman 180 meter,” ujar Wildan. (omy)