Pertama di Indonesia, 16 Bandara Angkasa Pura II Sediakan Real Time Dashboard Customer Touch Point

TANGERANG (aksi.id) – Dalam gerakan besar inovasi pelayanan terutama berplatform digital, PT Angkasa Pura II selalu saja mengiringinya dengan membuka kran saluran sebesar mungkin masukan pelanggan melalui berbagai media komunikasi.
Sebagai insititusi bisnis, BUMN ini memahami bahwa meluangkan waktu untuk mengevaluasi pengalaman pelanggan, akan selalu dapat meningkatkan proses bisnis serta menemukan cara untuk menangkap, membangun dan mengkomunikasikan pengalaman tersebut kepada orang lain. Ini adalah kunci untuk melayani klien secara efektif.
Dengan terbuka terhadap masukan dari pelanggan, maka manajemen melihat perusahaan dalam perspektif baru. Dengan demikian dapat mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki hubungan tersebut jika diperlukan.
Media komunikasi two way traffic untuk mendapatkan masukan yang dibuka antara lain adalah email, Twitter sdan Whatsapp. Paling anyar, pengelola bandara ini menyediakan customer touch point (CTP), yang merupakan kali pertama diterapkan dalam sejarah bandara di Indonesia.
Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan pelanggan memberikan input lewat i-Mate Kiosk di bandara.
“Data dari i-Mate Kiosk ditarik dan ditampilkan di service quality dashboard monitoring system Angkasa Pura II,” jelasnya kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Senin (6/1/2020) malam.
Dia mengemukakan melalui CTP, customer dapat memberikan rating bandara. “Real time. Ini memang komponen Airport Service Quality (ASQ) dari ACI,” ungkapnya.
Awaluddin menyeburkan 16 bandara kelolaan PT Angkasa Pura II telah mengimplementasikan CTP. Dalam waktu dekat, CTP diterapkan menjadi total 16 bandara.
Implementasi CRP merupakan bagian dari skema Airport Digital Journey Experience, yang menjadi salah satu koridor dari program Smart Airport.
Beberapa program Airport Digital Journey Experience yang disediakan Angkasa Pura II antara lain mulai dari self check-in, digital wayfinding, digital lounge, smart taxi, smart baggage, E-booth, dan smart toilet.
Artikel Terkait :
Artikel Terbaru :
TERPOPULER
- Mulai 1 Juli 2025, CommuterLine Basoetta hanya 39 Menit ke Bandara Soekarno-Hatta, Tambah 70 Perjalanan Per Hari
- KAI Services Akan Tata Perparkiran di Stasiun Cikampek
- AstraPay Dorong Inklusi Keuangan dan Peran Generasi Muda dalam Pemulihan Ekonomi Digital
- Surabaya Unggul, KAI Logistik Perkuat Kinerja di Jawa Timur lewat Kemitraan dan Layanan Inovatif
- KAI Logistik Siapkan Strategi Hadapi Lonjakan Pengiriman Motor Selama Libur Panjang dan Tahun Ajaran Baru
- Catat Pertumbuhan 41% hingga Mei 2025, KAI Logistik Perluas Jangkauan Logistik Lintas Pulau Hingga ke Jayapura
- Skandal Upah dan PHK di Perum Percetakan Negara RI: Direksi PNRI Terancam Dilaporkan ke Polisi
- Aksi Bela Diri IPDA Hari Saktiawan Polsek Bantargebang Bikin Penonton Tegang
- Perluas Layanan, Transjakarta Resmikan Rute Terminal Bekasi-Dukuh Atas
- Rayakan HUT ke-22 KAI Services, Kuliner Kereta Hadirkan Promo Happy Culinary
