press enter to search

Minggu, 20/09/2020 11:17 WIB

TNI Kerahkan 4 Pesawat Tempur F-16 ke Perairan Natuna

Dahlia | Selasa, 07/01/2020 17:01 WIB
TNI Kerahkan 4 Pesawat Tempur F-16 ke Perairan Natuna Foto: istimewa

PEKANBARU (aksi.id) – Pangkalan Udara (Lanud) Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru mengerahkan sebanyak empat pesawat tempur F-16 ke Perairan Natuna, Kepulauan Riau. Pengerahan pesawat tempur ini dilakukan untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Hari ini empat pesawat tempur kita kerahkan ke Natuna,” kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama Ronny Irianto Moningka kepada wartawan, Selasa (7/1/2020).

Pengerahan pesawat tempur F 16 dari Lanud Roesmin Nurjadin ke Natuna merupakan perintah dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, yang dilanjutkan ke Pangkoops Wilayah I AU. Lanud Roesmin Nurjadin selalu siap apabila sudah diperintahkan.

Jenderal bintang satu TNI AU ini menegaskan, pengerahan pesawat tempur ke Natuna disebut dengan Operasi Lintas Elang 2020. Dia menjelaskan bahwa Lanud Roesmin Nurjadin memang sering menggelar latihan tempur.

“Namun untuk kali ini kita geser ke Natuna. Ini operasi Lintas Elang 2020,” tegasnya.

Sekadar informasi, beberapa waktu terakhir kapal nelayan asal China yang dikawal kapal coast guard memasuki perairan Natuna untuk melaut secara ilegal di sana. Negara Tirai Bambu itu diduga tak mengakui ZEE Indonesia di wilayah tersebut.

Pemerintah telah menebalkan pasukan di Kepulauan Natuna. Selain itu, pemerintah juga akan mengirimkan ratusan nelayan di sana guna menunjukkan bahwa negara hadir menjaga kedaulatan. (ds/sumber okezone)