press enter to search

Senin, 21/09/2020 07:49 WIB

Kepala BPSDMP Lantik 217 Perwira Laut BP3IP Angkatan 26

Dahlia | Rabu, 08/01/2020 20:33 WIB
Kepala BPSDMP Lantik 217 Perwira Laut BP3IP Angkatan 26

JAKARTA (aksi.id) – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Umiyatun Hayati Triastuti memimpin upacara Wisuda ke-26 Diklat Pelaut Tingkat – II dan III Bidang Keahlian Nautika dan Teknika yang diselenggarakan Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta.

Wisuda kali ini mengusung tema “Realizing seafarer with environmentally conscious towards zero emission”, tema ini seiring dengan fokus yang diangkat dan dikampanyekan Indonesia sebagai salah satu anggota dewan International Maritime Organization (IMO).

Hayati menyampaikan bahwa BP3IP Jakarta diharapkan tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak lulusan pelaut yang unggul dan kompetitif serta mampu menghadapi tantangan dan tuntutan industri pelayaran

“Dengan didukung infrastruktur dan sarana pembelajaran yang modern, sistem pembelajaran yang berbasis pada e-learning, metode pembelajaran yang semakin interaktif, serta pengajar yang kompeten di bidangnya,” ujarnya di Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Sejalan dengan salah satu Visi Presiden Jokowi untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan fokus pada program peningkatan kualitas SDM dengan menitikberatkan pada tiga hal.

Pertama pembangunan karakter positif, peningkatan akses dan kualitas pendidikan, dan mendorong link and match antara industri dengan pendidikan vokasi.

Untuk mewujudkan visi tersebut Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi telah menekankan diperlukan konsistensi dan fokus dalam penyiapan SDM maritim khususnya pelaut yang merupakan aset dan modal utama bangsa.

“BPSDMP terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas lembaga-lembaga diklat melalui peningkatan sarana dan prasarana diklat, kurikulum maupun kualitas dan kualifikasi tenaga pendidik dan kependidikannya, agar nantinya para lulusan dapat link and match sesuai dengan kebutuhan industri pelayaran,” tutur Hayati.

Wisuda ke-26 BP3IP Jakarta ini diikuti sebanyak 217 lulusan terdiri dari lulusan program Diklat Pelaut Tingkat II Bidang Keahlian Nautika berjumlah 62 orang, Diklat Pelaut Tingkat II Bidang Keahlian Teknika berjumlah 59 Orang, Diklat Pelaut Tingkat III Bidang Keahlian Nautika berjumlah 55 orang dan Diklat Pelaut Tingkat III Bidang Keahlian Teknika berjumlah 41 Orang.

Direktur BP3IP Jakarta, Weku Frederik Karuntu menambahkan, lulusan BP3IP ini telah mengikuti pendidikan dan pelatihan dengan sistem dan metode pembelajaran yang mencakup empat kriteria kompetensi.

“Diantaranya yaitu kompetensi akademik, kompetensi profesional, kompetensi nilai dan sikap, serta kompetensi untuk siap menghadapi perubahan,” katanya.

Dengan begitu, diyakini para perwira lulusan ini telah siap untuk menghadapi tantangan dan tuntutan industri maritim nasional maupun internasional sesuai dengan tingkat kompetensi yang dimiliki sekarang. (omy)