press enter to search

Jum'at, 29/03/2024 00:02 WIB

Ternyata Kurma Nabi Bisa Cegah Kanker, Ini Hasil Penelitiannya

Dahlia | Kamis, 16/01/2020 20:36 WIB
Ternyata Kurma Nabi Bisa Cegah Kanker, Ini Hasil Penelitiannya Foto: istimewa

Umat Islam di seluruh dunia pasti sudah akrab dengan kurma. Popularitas buah kurma kian menjulang tinggi saat Ramadan tiba. Tapi tahukah Anda ternyata kurma Ajwa atau kurmadapat mencegah kanker?

Obat Kanker

 

Penelitian ini dilakukan di King Saud University (KSU) Riyadh untuk menemukan manfaat kesehatan dari kurma Ajwa.

Dari penelitian tersebut didapatkan fakta bahwa kurma Ajwa atau kurma Nabi dapat mencegah kanker karena memiliki sifat anti-inflamasi yang mirip dengan obat yang tersedia secara komersial, yaitu ibuprofen dan aspirin.

Kebun Kurma Madinah

Studi ini menemukan fakta bahwa tingkat penghambatan di kurma Ajwa atau kurma Nabi sama dengan produk anti-oksidan komersial yang tersedia di pasar.

“Penelitian tersebut diterbitkan dalam edisi ke-61 jurnal pertanian dan kimia makanan di Amerika Serikat,” kata seorang pejabat KSU, dikutip dari Arabnews.

Pejabat itu mengatakan bahwa profesor Muraleedharan Nair, kepala laboratorium bahan alami di Universitas Michigan, melakukan penelitian dan bekerja sama dengan ketua penelitian kurma KSU. Sejumlah peneliti dari kedua universitas berpartisipasi dalam riset ini.

Saleh A. Aldosari, salah seorang peneliti, mengatakan, riset ini adalah yang pertama di antara serangkaian studi yang dilakukan untuk mempelajari jenis-jenis kurma di Arab Saudi.

Proyek penelitian ini didukung oleh KSU serta King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST) dan rencana nasional Kerajaan untuk proyek penelitian.

Kurma Ajwa yang berwarna coklat tua dari wilayah Madinah selama ini dikenal karena kelembutan dan kekeringan dagingnya serta harga yang mahal di pasaran.

Jauh sebelum penelitian ini dilakukan, Nabi Muhammad SAW telah menyebutkan sederet manfaat kurma Ajwa, di antaranya dapat mencegah penyakit tertentu.

Kurma ajwa atau kurma Nabi juga ditemukan memiliki efek penghambatan siklo-oksigenase yang mirip dengan obat antiinflamasi komersial seperti aspirin, ibuprofen, celebrex dan naproxen. (Lia/sumber:okezone)