press enter to search

Senin, 17/02/2020 19:15 WIB

Anak, Menantu, Ipar dan Besan Presiden Jokowi Siap Maju di Pilkada 2020

Redaksi | Kamis, 16/01/2020 21:37 WIB
Anak, Menantu, Ipar dan Besan Presiden Jokowi Siap Maju di Pilkada 2020 Keluarga Presiden Jokowi. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Anak, menantu, ipar dan besan Presiden Jokowi siap maju di Pilkada 2020, pengamat politik sebut ada oligarki politik. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 sudah semakin dekat.

Selain nama Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution, ternyata masih ada 2 anggota keluarga Presiden Jokowi yang maju di Pilkada 2020. Ada empat anggota keluarga dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendaftarkan diri untuk maju di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Anggota keluarga Jokowi yang mendaftarkan diri di Pilkada 2020 adalah putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Diketahui bahwa Gibran Rakabuming sudah mendaftarkan diri di Pemilihan Wali Kota Solo dengan diusung oleh Partai PDIP.

Selain itu, menantu Jokowi, Bobby Nasution juga akan maju sebagai Wali Kota Medan melalui Partai PDIP dan Golkar. Sementara itu, suami dari adik kandung Jokowi, Wahyu Purwanto juga akan maju di pemilihan Bupati Gunung Kidul.

Menyikapi fenomena ini, Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI) Jerry Sumampouw ‎menganggap oligarki politik sudah makin kuat.

"Fenomena keluarga dekat Joko Widodo yang ramai-ramai mencalonkan diri saya kira merupakan bagian dari oligarki politik yang makin marak dan kuat akhir-akhir ini," tuturnya, Kamis (16/1/2020).

Selain nama Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution, ternyata masih ada 2 anggota keluarga Presiden Jokowi yang maju di Pilkada 2020. Siapa saja?

Jerry menganggap hal ini sengaja dilakukan dengan memanfaatkan kedudukan Joko Widodo sebagai Presiden, orang nomor satu di republik ini.

"Tentu kita tak menuduh bahwa nanti akan memanfaatkan kedudukan Joko Widodo sebagai Presiden saat ini. Tentunya popularitas Joko Widodo saat ini sedikit banyak akan berpengaruh terhadap popularitas dan elektabilitas mereka ketika maju dalam Pilkada nanti," ungkapnya.

Begitu juga, posisi Joko Widodo sebagai Presiden, diungkap Jerry akan memudahkan keluarganya yang maju Pilkada untuk mendapat dukungan parpol hingga mendapatkan kemudahan dalam melakukan konsolidasi di masyarakat. (ds/sumber tribunnews.com)