press enter to search

Rabu, 30/09/2020 12:21 WIB

Begini Progres Pengembangan Bandara Sultan Thaha Jambi

Ahmad Bashori | Kamis, 30/01/2020 20:20 WIB
Begini Progres Pengembangan Bandara Sultan Thaha Jambi

JAMBI (Aksi.id) - Sultan Thaha Jambi sedang dikembangkan di berbagai sisi oleh manajemen PT Angkasa Pura II 

Pengembangan yang dilakukan seperti pengembangan sisi darat (land side), sisi udara (air side), dan fasilitas publik yang ada di bandar udara internasional Jambi itu.

Akun Twitter @AngkasaPura_2 mencuit progrea pengembangan bandara teraebut. Dalam cuitan itu juga dilampirkan foto-foto.

 

investasi sebesar Rp303 miliar. Sementara itu, pengembangan dari sisi darat meliputi perluasan area terminal penumpang pesawat menjadi 22 ribu meter persegi dari 12 ribu meter persegi. Dengan adanya perluasan ini diharapkan akan terjadi peningkatan kapasitas penumpang dari 1,6 juta per tahun menjadi 2,6 juta penumpang. 

Pada tahun 2018, jumlah penumpang sudah mencapai 1,8 juta penumpang sehingga perluasan terminal dinilai sangat perlu dilakukan.

“Pengembangan di Bandara Sultan Thaha tidak berhenti sejak terminal baru beroperasi karena potensi pasar penerbangan yang cukup besar di Jambi,” ungkap President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, demikian dilansir akun Instagram resmi BUMN @kementerianbumn, Kamis (16/1/2020).

Tidak hanya memperluas terminal, PT Angkasa Pura II (Persero) akan melakukan perpanjangan runway menjadi 2.600 x 45 meter dari 2.220 x 45 m sekaligus memperluas apron dari eksisting 38.000 meter persegi menjadi 46.500 meter persegi.

Bandara

Bandara Sultan Thaha juga tak luput melakukan perluasan parkir kendaraan. Lahan parkir akan diperluas menjadi 30 ribu meter persegi yang dapat menampung 403 unit mobil dan 350 unit sepeda motor.

Selain itu, PT Angkasa Pura II juga mengimplementasikan Airport Digital Journey Experience di Bandara Sultan Thaha melalui digital way finding, smart toilet review, digital banner, smart taxy, customer touchpoint feedback, officer digital equipment, dan videotron.