press enter to search

Senin, 17/02/2020 20:06 WIB

Presiden: Renovasi Besar Masjid Istiqlal Rampung Sebelum Ramadhan

Redaksi | Jum'at, 07/02/2020 10:06 WIB
Presiden: Renovasi Besar Masjid Istiqlal Rampung Sebelum Ramadhan Presiden Jokowi meninjau renovasi Masjid Istiqlal, Jumat.

JAKARTA (Aksi.id) - Presiden Jokowi meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (7/2). Jokowi mengatakan, renovasi itu diharapkan rampung sebelum bulan Ramadhan atau April.

"Renovasi total masjid Istiqlal sudah dimulai tahun lalu. Kita harapkan nanti sebelum ramadhan sudah bisa selesai sehingga bisa dipakai," ujar Jokowi usai meninjau.

Menurut Presiden, renovasi ini merupakan yang pertama sekaligus terbesar sejak keberadaan masjid Istiqlal 41 tahun lalu. Pengerjaannya sendiri telah dimulai sejak tahun lalu dengan memperbaiki lantai, tempat wudhu, hingga sound system. Anggaran yang dipakai untuk renovasi  mencapai Rp475 miliar.

"Ini adalah renovasi besar sejak 41 tahun lalu karena anggaran yang diperlukan cukup gede. Rp475 miliar untuk memoles lantai, mengganti karpet, lighting, sound system, semuanya," katanya.

Selain merenovasi interior masjid, perbaikan juga dilakukan dengan penambahan basement parkir di bagian depan. Sehingga tak ada lagi parkir kendaraan di halaman masjid.

"Jadi pembangunan landscape di luar, bukan hanya interior, eksterior semuanya dibangun. Sungai yang ada di lingkungan Istiqlal semua diperbaiki sehingga tamannya menjadi lebih bagus lagi," ucap Jokowi.

Kendati demikian, Jokowi mengatakan, tak semua bagian dari masjid dapat direnovasi. Sebab, terdapat sejumlah bangunan heritage atau yang sifatnya warisan sehingga tak boleh diganti.

"Memang banyak hal yang tidak bisa dikerjakan karena heritage, warisan pusaka sehingga pengerjaannya harus hati-hati tidak boleh merusak," tuturnya.

Pelaksanaan renovasi Masjid Istiqlal telah dimulai sejak 6 Mei 2019. Renovasi meliputi bagian dalam masjid, seperti kamar mandi dan fasilitas wudhu.

Selain itu, renovasi juga dilakukan untuk pemasangan 104 Closed Circuit Television (CCTV), penggantian karpet, termasuk mihrab yang ada di lantai utama masjid. Perbaikan mihrab akan meliputi tata suara, cahaya, dan udara. (ds/sumber CNNIndonesia.com)