press enter to search

Selasa, 20/10/2020 09:56 WIB

Menhan Prabowo Ingin Buat Patung Bung Karno Naik Kuda :

Redaksi | Jum'at, 07/02/2020 21:39 WIB
Menhan Prabowo Ingin Buat Patung Bung Karno Naik Kuda :    Menhan Prabowo Subianto. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berencana membuat patung Presiden Pertama Indonesia Soekarno atau Bung Karno yang sedang menunggangi kuda. Menurutnya patung semacam itu perlu ada karena Soekarno dulu memimpin pasukan sambil naik kuda.

"Saya juga sampaikan, Kementerian Pertahanan juga punya rencana membikin patung Bung Karno tetapi di atas kuda. Secepatnya dibuat patungnya," kata Prabowo di Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2).

Prabowo lalu menceritakan sejarah ketika Soekarno memimpin pasukan sambil menunggangi kuda. Itu terjadi saat TNI merayakan ulang tahunnya yang pertama.

Menurut Prabowo, selaku purnawirawan TNI AD, momen itu perlu diabadikan dalam bentuk patung. Dia menilai itu perlu meski momen tersebut sudah tertulis dalam sejumlah literatur dan karya sejarah.

"Ini penting. Karena ulang tahun angkatan perang pertama, berarti ulang tahun TNI yang pertama. Itu Presiden Soekarno sebagai Panglima Tertinggi inspeksi pasukan. Menjadi irup (inspektur upacara) di atas kuda," kata Prabowo.

"Jadi, ini fakta sejarah yang ingin kita abadikan untuk generasi penerus," kata mantan Danjen Kopassus ini," tambahnya.

Prabowo mengungkapkan rencananya itu itu kala menghadiri peresmian patung Soekarno oleh Megawati di Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2). Kepala BIN Budi Gunawan, Kepala Staf TNI AD Jenderal Andhika Perkasa serta Ketua DPR Puan Maharani turut hadir.

Saat memberikan sambutan, Prabowo mengungkapkan rencananya itu. Dia juga sekaligus meminta izin kepada Megawati yang duduk di sampingnya. "Ya, nanti Kemhan akan punya patung Bung Karno di atas kuda. Izin Bu. Ada sejarah Bu," kata Prabowo.

Megawati lantas tersenyum. Dia mengamini bahwa ayahnya dulu memang pernah memimpin pasukan seraya menunggangi kuda. "Iya betul," ucap Megawati sambil tersenyum. (ds/sumber antara/CNN)