press enter to search

Sabtu, 29/02/2020 13:34 WIB

Angkasa Pura II Komit Cegah Penyebaran Corona

Dahlia | Selasa, 11/02/2020 07:13 WIB
Angkasa Pura II Komit Cegah Penyebaran Corona Foto:istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Pihak PT Angkasa Pura II (AP II) berkomitmen mencegah penyebaran virus corona di bandara, meski belum menutup semua penerbangan dari luar negeri dan juga terus bekerja sama pihak terkait.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, dengan menjalankan beberapa mekanisme, wabah virus corona, dapat terdeteksi dengan cepat sehingga tidak terjadi faktor menular melalui bandara, karena proses pencegahan atau filtering sudah dilakukan.

“Sudah diinterupsikan oleh pemerintah bandara dan pelabuhan adalah menjadi titik kritis untuk bagaimana mewaspadai wabah virus corona ke Indonesia, sehingga bagi kami (AP II) sebagai operator bandara Harus betul-betul serius menyikapi itu,” kata Awaluddin di Cengkareng, Senin (10/2/2020).

Sebelumnya pihak AP II telah lakukan sebelas upaya yang pencegahan untuk menyangkal penyebaran virus corona di 19 bandaranya.

“Jadi ke 11 hal itu sudah kita lakukan semua itu,”ujar Awaluddin.

Awaludin mengatakan dari kesebelas upaya itu ada hal yang sederhana, namun cukup berakibat untuk pencegahan penyebaran virus berbahaya tersebut.

“Termasuk yang yang paling sepele saja kita lakukan seperti menambah pembersih tangan, sampai kita mengoperasikan posko steril center, sampe kita membantu berkolaborasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk mengambil dan mendata penumpang yang ke report di Kartu Health Alert Card (HAC) mereka yang kartu kuning itu,” tambah Awaluddin.

“Prosedur dan proses yang kita lakukan itu sudah dilakukan, termasuk orang(personil) kita juga tambah,”katanya.

Perseroan ini, sejak 5 Februari, mengaku telah menutup penerbangan dari-ke China dan telah melakukan pendataan melalui Kartu Health Alert Card (HAC) untuk semua negara yang penerbangannya belum tertutup ke-Indonesia, untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Jadi semua yang masuk harus meregistrasi datanya melalui pendataan itu (Health Alert Card),”katanya.

Sebelumnya AP II telah menjalankan interupsi pemerintah seiring dengan terbitnya Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan.

Angkasa Pura II terus berkoordinasi dan mensuport segala perintah Kementerian Perhubungan, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). (Fahmi)